Jawa Pos

Pro Kemerdekaa­n Kuasai Parlemen Catalunya

-

BARCELONA – Gairah merdeka di Catalunya terus berkobar. Rapat perdana parlemen Catalunya Rabu (17/1) menunjuk Roger Torrent sebagai pemimpin. Roger adalah politikus yang pro kemerdekaa­n. Kekuasaan itu bisa membuka jalan Carles Puigdemont, mantan presiden Catalunya, untuk kembali ke jabatannya.

”Rakyat Catalunya ingin Presiden Puigdemont kembali menjadi pemimpin pemerintah­an,” tegas legislator pro kemerdekaa­n Elsa Artadi.

Puigdemont dan empat mantan anggota kabinetnya tengah mencari suaka di Brussels, Belgia. Saat rapat parlemen berlangsun­g, kursi mereka diberi pita berwarna kuning. Begitu pula dengan kursi-kursi kosong anggota parlemen lain yang kini ditahan pemerintah pusat dengan tudingan pemberonta­kan dan penghasuta­n. Salah satu yang masih mendekam di tahanan Spanyol adalah mantan Wakil Presiden Catalunya Oriol Junqueras.

Rencananya, parlemen menggelar pemungutan suara untuk memilih pemimpin Catalunya yang baru pada 31 Januari. Dua partai besar di Catalunya yang pro kemerdekaa­n ngotot tetap mendukung Puigdemont meski dia berada di perantauan.

Mengembali­kan Puigdemont ke jabatan lamanya tentu tidak semudah membalikka­n telapak tangan. Sebab, Perdana Menteri (PM) Spanyol Mariano Rajoy telah menyatakan bahwa dirinnya tidak akan mengizinka­n Puigdemont terpilih kembali dan memimpin dari Brussels.

Bagi Spanyol, Puigdemont adalah mimpi buruk. Sebab, dialah yang menjadi ujung tombak usaha Catalunya untuk memisahkan diri dari Spanyol. Penduduk juga masih menyanjung­nya.

”Pada 31 Januari, Carles Puigdemont akan ditunjuk lagi (sebagai presiden Catalunya, Red),” tegas Dolors Esplugas, salah seorang pendukung oposisi.

Jika ditunjuk lagi, Puigdemont memang harus memimpin dari tempat pengasinga­nnya. Sebab, jika kembali ke Spanyol, politikus 55 tahun itu akan langsung ditangkap dengan tuduhan pemberonta­kan dan penghasuta­n. Hukumannya bisa sampai 30 tahun penjara.

Memimpin dari Brussels bukannya tidak mungkin. Teknologi yang ada saat ini sudah cukup maju. Media di Spanyol sudah punya julukan untuk Puigdemont jika dia sampai menjadi presiden Catalunya lagi dan tetap berada di pengasinga­n. Yaitu, Presiden Hologram.

 ?? EMILIO MORENATTI/AP ??
EMILIO MORENATTI/AP
 ?? MANU FERNANDEZ/AP ?? MIMPI MERDEKA: Rakyat Catalunya menyatakan harapannya untuk merdeka di depan gedung parlemen. Foto atas, Roger Torrent yang terpilih sebagai pemimpin parlemen Catalunya pada Rabu (17/1).
MANU FERNANDEZ/AP MIMPI MERDEKA: Rakyat Catalunya menyatakan harapannya untuk merdeka di depan gedung parlemen. Foto atas, Roger Torrent yang terpilih sebagai pemimpin parlemen Catalunya pada Rabu (17/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia