Jawa Pos

BUKAN SALAH SI KUTU

-

BARCELONA – Oscar Melendo memang mencetak gol kemenangan 1-0 Espanyol atas Barcelona dalam leg pertama perempat final Copa del Rey di Cornella-El Prat kemarin dini hari WIB. Gol pada menit ke-88 tersebut menjadi kemenangan pertama klub berjuluk Periquitos itu dalam Derbi Barceloni selama sembilan tahun terakhir.

Namun, Diego Lopez punya andil tak kalah besar untuk menghentik­an catatan tidak terkalahka­n

Barca setelah 29 pertanding­an tersebut. Lopez sukses menepis penalti Lionel Messi pada menit ke-62. Itu adalah kali ketiga (dari enam kesempatan) Messi gagal mengekseku­si penalti musim ini. Tidak ada pemain di La Liga musim ini yang menorehkan kegagalan sebagai algojo tendangan 12 pas sebanyak La Pulga atau Si Kutu, julukan Messi.

Sebaliknya bagi Lopez. Keberhasil­an menggagalk­an penalti Messi adalah kali kedua bagi kiper 36 tahun tersebut. Dalam sejarah, hanya ada dua kiper yang mampu menahan eksekusi penalti Messi sampai dua kali. Selain Lopez, ada Ruben Martinez yang kini membela Deportivo La Coruna.

Keberhasil­an pertama Lopez juga terjadi dalam Copa del Rey. Tepatnya dalam leg kedua perempat final di Camp Nou pada 31 Januari 2008. Bedanya, Lopez masih membela Villarreal kala itu. ’’Setiap (menghadapi) penalti selalu sulit, apalagi kalau eksekutorn­ya Leo Messi. Namun, hari ini (kemarin dini hari WIB, Red) saya keluar sebagai pemenang,’’ kata Lopez yang merupakan mantan penjaga gawang Real Madrid dan AC Milan kepada Sport. Total sudah empat kali Lopez menghadapi penalti Messi dan Atletico Madrid vs

(Diego Costa 73’/Navas 80’, J. Correa 88’)

vs Alaves

(Guedes 73’, Rodrigo 82’/Sobrino 66’) Kartu merah: Adrian Dieguez 77’ (Alaves)

vs Barcelona

(Melendo 88’)

Penalti gagal: Messi 62’ (Barcelona) kedudukann­ya sama kuat (2-2).

Meski memenangi leg pertama, Lopez tidak mau terlalu bersukacit­a. Masih ada leg kedua di Camp Nou (26/1) dan Barca hanya defisit satu gol. Selain kesialan Messi mengekseku­si penalti, kekalahan Blaugrana kemarin tak lepas dari strategi kurang agresif yang diusung Ernesto Valverde.

Beberapa pemain berkarakte­r agresif tidak memulai pertanding­an dari awal. Luis Suarez, Ivan Rakitic, dan Rafinha baru masuk di babak kedua. Jordi Alba yang notabene pemasok assist terbanyak Messi (delapan assist) juga digantikan Lucas Digne.

Valverde mengakui kekalahan timnya bukan ditentukan dari kegagalan penalti Messi. Spirit luar biasa pemain Espanyol turut menyulitka­n timnya. Apalagi, Valverde pernah menangani Espanyol pada 2006–2008.

Valencia

Sevilla

Leg kedua dimainkan pada 24 Januari 2018

Leg kedua dimainkan pada 25 Januari 2018

Espanyol

Leg kedua dimainkan pada 26 Januari 2018

 ?? MANU FERNANDEZ/AP ?? GAGAL PENALTI: Lionel Messi terduduk di sela pertanding­an Espanyol versus Barca dalam leg pertama perempat final Copa del Rey kemarin dini hari WIB (18/1).
MANU FERNANDEZ/AP GAGAL PENALTI: Lionel Messi terduduk di sela pertanding­an Espanyol versus Barca dalam leg pertama perempat final Copa del Rey kemarin dini hari WIB (18/1).
 ?? JOSEP LAGO/AFP ?? KALI KEDUA: Reaksi kiper Espanyol Diego Lopez setelah menggagalk­an penalti Lionel Messi.
JOSEP LAGO/AFP KALI KEDUA: Reaksi kiper Espanyol Diego Lopez setelah menggagalk­an penalti Lionel Messi.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia