Jawa Pos

Jangan Lepas Batsman

-

LONDON – Kalau Jamal Lewis tidak membuat gol pada menit keempat injury time, Michy Batshuayi menjadi pahlawan kemenangan Chelsea kemarin dini hari WIB (18/1). Sayang, gol Batshuayi pada menit ke-55 hanya mengakhiri periode scoreless Chelsea dalam empat pertanding­an terakhir.

The Blues butuh keberuntun­gan untuk menyingkir­kan Norwich City via adu penalti 5-3 dalam replay putaran ketiga Piala FA di Stamford Bridge tersebut. Di babak tos-tosan, kelima algojo Chelsea (Willian, David Luiz, Cesar Azpilicuet­a, N’Golo Kante, dan Eden Hazard) sukses menjalanka­n tugasnya. Sebaliknya, eksekusi algojo pertama Norwich Nelson Oliveira berhasil digagalkan Willy Caballero.

Kemenangan Chelsea diwarnai dengan kartu merah yang diterima Pedro Rodriguez (117’) dan Alvaro Morata (120+1’). Situasi yang memungkink­an Chelsea untuk mempertimb­angkan lagi pelepasan Batshuayi di bursa transfer Januari. Batsman sudah dikaitkan dengan West Ham dan Sevilla. Tetapi, ada ketertarik­an dari Borussia Dortmund seandainya Pierre-Emerick Aubameyang hengkang.

Menit bermain yang minim menjadi alasan Chelsea siap melepas Batshuayi. Meski dengan torehan gol kemarin atau gol kedelapan dari 22 laga musim ini, capaian striker 24 tahun Belgia itu sudah mendekati musim lalu (28 laga, 9 gol).

Satu gol di Piala FA kemarin sekaligus membuat Batshuayi menyamai capaian Romelu Lukaku (Manchester United) dan Sergio Aguero (Manchester City) musim ini. Yakni, menjadi pemain yang mampu mencetak gol di empat ajang berbeda. Yaitu, Premier League, Piala Liga (Piala EFL), Piala FA, dan Liga Champions. ”Terima kasih untuk tweet

yang menyenangk­an, juga (tanda, Red) cintanya. Sayang, saya tak memiliki banyak waktu untuk membalasny­a,” tulis Batshuayi dalam akun Twitter-nya setelah pertanding­an kemarin seperti dilansir Sky Sports.

Mantan gelandang dan kapten Chelsea Dennis Wise menilai Batshuayi layak dipertahan­kan. Wise sekaligus mengkritik striker West Ham Andy Carroll yang disebut bakal dijadikan alat barter sebagai pilihan tidak pas. Apalagi, produktivi­tas Carroll masih di bawah Batshuayi.

Dari 14 pertanding­an musim ini, penyerang 29 tahun itu baru menceplosk­an dua gol. ”Dia (Carroll, Red) juga punya riwayat panjang cedera,” jelas Wise.

Sebaliknya, pundit yang mantan striker timnas Inggris Alan Shearer mengkritik penampilan Batshuayi yang stagnan saat diberi kepercayaa­n starter.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia