Jawa Pos

Penalti, Panas di Ruang Ganti

-

PARIS – Neymar Jr pernah mengatakan bahwa salah satu faktor kepindahan­nya ke PSG adalah ambisi mendapatka­n Ballon d’Or. Namun, itu diyakini bukan tujuan utamanya. Ya, dia ingin lebih bebas. Sebab, di Barcelona, ada Lionel Messi yang selalu menjadi superstar. Apalagi, dia datang ke Paris dengan status pemain termahal dunia. Banderolny­a EUR 222 juta (setara Rp 3,61 triliun).

Persepsi tersebut semakin kuat saat Les Parisiens menang 8-0 atas Dijon kemarin dini hari. Striker 25 tahun itu memang menjadi man of the match

dengan mencetak 4 gol dan 2 assist. Namun, fans PSG yang hadir di Parc des Princes justru mencemoohn­ya.

Usut punya usut, Neymar enggan memberikan kesempatan eksekusi penalti yang akhirnya menghasilk­an gol pemungkas pada menit ke-83 kepada Edinson Cavani. Padahal, saat itu Neymar sudah mengemas hat-trick.

Cavani sebenarnya hanya butuh satu gol lagi untuk menjadi top scorer sepanjang masa PSG. Sebab, satu golnya pada laga kemarin di menit ke-21 membuatnya menyamai torehan 156 gol Zlatan Ibrahimovi­c.

Neymar juga langsung ngacir

ke ruang ganti sesaat setelah laga usai, bahkan tidak bersedia menemui awak media. ”Cavani akan memiliki kesempatan lain untuk mencetak lebih banyak gol. Tim ini lebih baik dengan adanya Neymar. Ya, semua hasil dan statistik positif selama ini adalah hasil kerja sama tim,” ujar pelatih PSG Unai Emery kepada L’Equipe.

Pernyataan­pelatihber­kebangsaan Spanyol itu memangbena­r.Namun,apalah artinyahas­ilpositifb­ilatidak diiringi dengan keharmonis­anruanggan­ti.Neymar dan Cavani sempat berebut sebagai eksekutor penalti saat PSG menang 2-0 atas Olympique Lyon (17/9/2017).

Kapten Thiago Silva menolak anggapan bahwa cemoohan membuat Neymar down. Neymar hanya shock, tetapi tidak sampai marah atau menaruh dendam kepada suporter.

”Memang ada beberapa suporter yang menyerangn­ya. Namun, yang terpenting adalah kemenangan tim,” kata mantan bek AC Milan itu. ”Untuk Cavani, dia pasti akan memecahkan rekor tersebut,” lanjut Silva.

 ?? CHRISTOPHE SIMON/AFP CHRISTOPHE SIMON/AFP ?? MUSIM ini, PSG menjadi tim di lima liga elite Eropa yang berhasil menembus seratus gol kali pertama. Mereka menyalip Manchester City, Liverpool, dan Barcelona yang juga garang musim ini. Ligue 1 Premier League Premier League La Liga Premier League La...
CHRISTOPHE SIMON/AFP CHRISTOPHE SIMON/AFP MUSIM ini, PSG menjadi tim di lima liga elite Eropa yang berhasil menembus seratus gol kali pertama. Mereka menyalip Manchester City, Liverpool, dan Barcelona yang juga garang musim ini. Ligue 1 Premier League Premier League La Liga Premier League La...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia