Jawa Pos

Terlecut Sukses Negara Tetangga

-

JAKARTA – Timnas Indonesia memang tidak berlaga dalam AFC U-23 Championsh­ip di Tiongkok. Namun, melihat kesuksesan Vietnam dan Malaysia menembus perempat final membuat skuad asuhan Luis Milla itu terlecut. Tantangan itu bakal tersaji saat Garuda Muda menjalani test event Asian Games 2018 Februari mendatang.

’’Yang pasti, kami banyak be- lajar dari tim luar. Malaysia luar biasa bisa lolos dari fase grup,’’ ujar Bima Sakti, asisten pelatih timnas U-23. Menurut dia, semangat tersebut seharusnya bisa menular kepada Hansamu Yama Pranata dkk. ’’Semua bisa terjadi. Yang penting, kami harus kerja keras dari masa persiapan ini,’’ lanjutnya.

Dalam latihan di Lapangan ABC Senayan, Jakarta, kemarin (18/1), Luis Milla melakukan sedikit perubahan porsi latihan. Porsi latihan menyerang kemarin berjalan lebih kompleks. Yakni membangun serangan dari lini pertahanan.

Bima menjelaska­n, kecepatan transisi dan dilanjutka­n menye- rang menjadi perhatian tim pelatih. Pemain juga dituntut terus berkomunik­asi dan memaksimal­kan untuk merebut bola. Komposisi back four pun masih diandalkan pelatih asal Spanyol tersebut.

Para pemain baru dan sebagian dari timnas U-19 juga terlihat menyatu dengan para pemain reguler lainnya. Tidak tampak raut muka canggung lagi bersaing dan berkolabor­asi dengan seniornya.

Prestasi yang ditampilka­n Malaysia dan Vietnam di AFC U-23 Championsh­ip diharapkan menjadi motivasi pemain Garuda Muda. Salah satu upaya Milla adalah saat berkali-kali berteriak kepada para pemainnya dalam latihan kemarin.

’’Beberapa kali Coach Luis bilang setelah latihan ada beberapa kesalahan,’’ sebut Bima. Untuk itu, tim pelatih tetap menuntut para pemain profesiona­l dan all-out dalam setiap sesi latihan.

Di tempat yang sama, Hanif Sjahbandi, gelandang Garuda Muda, menjelaska­n bahwa program latihan kemarin diakui cukup berpengaru­h.

’’Jadi, pemain bertahan juga membantu serangan, jadi ada pressing di atas,’’ terangnya. Selain itu, gelandang Arema FC tersebut mengapresi­asi progres juniornya dari timnas U-23 yang sudah bisa menyatu dengan tim.

 ?? NURIS AP/JAWA POS ?? POTENSIAL: Duo Persebaya Irfan Jaya (kiri) dan Rachmat Irianto berebut bola dalam latihan timnas U-23 Indonesia di Lapangan ABC, Senayan, kemarin.
NURIS AP/JAWA POS POTENSIAL: Duo Persebaya Irfan Jaya (kiri) dan Rachmat Irianto berebut bola dalam latihan timnas U-23 Indonesia di Lapangan ABC, Senayan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia