Jawa Pos

Rekrutan Anyar Langsung Bersinar

-

SURABAYA – Tanpa Osvaldo Haay dan Irfan Jaya yang dipanggil timnas U-23 Indonesia, tanpa gelandang bertahan M. Hidayat yang cedera, dan baru memiliki satu pemain asing, performa Persebaya Surabaya cukup lumayan. Mereka bisa menahan PS TNI 1-1 dalam laga grup C Piala Presiden 2018 kemarin.

Bermain di Gelora Bung Tomo, Surabaya, klub berjuluk Green Force itu harus bermain dengan 10 orang sejak kiper Miswar Saputra terkena kartu merah pada menit ke-16. Wasit Novari Ihsan menilai Miswar dengan sengaja menyentuh bola memakai tangan di luar kotak penalti.

Karena Miswar diusir, pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera terpaksa mengorbank­an bek kanan Abu Rizal untuk memasukkan kiper Dimas Galih. Ternyata, dengan 10 pemain tidak membuat Persebaya takut bermain terbuka. Rendi Irwan dkk tetap memainkan gaya penguasaan bola khas Persebaya.

Serangan Persebaya juga tetap berbahaya. Beberapa kali tandukan Rishadi Fauzi nyaris membobol gawang PS TNI. Sederet pemain debutan seperti Otavio Dutra, Nelson Alom, Ruben Sanadi, dan Feri Pahabol juga bisa beradaptas­i dengan baik terhadap taktik Alfredo.

Memang, Persebaya lebih dulu kebobolan oleh gol Manahati Lestusen pada menit ke-68. Namun, mereka mampu membalas lewat gol Pahabol pada menit ke-71. ’’Yang terpenting, di pertanding­an ini, bisa dilihat bahwa permainan khas Persebaya tetap ada. Jadi, tinggal berpikir untuk kompetisi Liga 1 musim depan,’’ kata Alfredo.

Tanpa Osvaldo dan Irfan, posisi winger dihuni Oktafianus Fernando dan Pahabol. Kolaborasi mereka ternyata berjalan baik dan kerap menghasilk­an peluang. Bahkan, tercatat Pahabol mampu menghasilk­an setidaknya tujuh peluang bagus. Mantan pemain Persipura Jayapura itu juga berani melepas tembakan jarak jauh yang berbahaya.

Performa mantap Pahabol tersebut membuat Alfredo tidak begitu kehilangan Irfan yang sedang berlatih bersama timnas U-23 Indonesia. ’’Semua pemain punya kualitas. Saya pikir tidak ada Irfan belum menjadi masalah. Saya maksimalka­n yang ada,’’ tutur pelatih asal Argentina itu.

Pahabol senang karena bisa menjalani debut dengan mantap, apalagi bisa mencetak gol penyelamat. ’’Saya bersyukur bisa bermain baik hari ini (kemarin, Red),’’ jelas pemain yang mengaku sempat grogi dengan dukungan besar Bonek di stadion itu.

19 8 4 80% 16 3 14 1 1

 ??  ??
 ??  ??
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia