Jawa Pos

Pulang karena Panas dan Orang Taiwan

Wawrinka Juga Tumbang

-

MELBOURNE – Datang dengan kondisi yang tidak terlalu fit, petenis nomor tiga dunia Garbine Muguruza akhirnya menerima nasib pahit di Australia Terbuka 2018. Petenis Spanyol tersebut menjadi unggulan teratas pertama yang angkat koper. Muguruza disingkirk­an petenis ranking 88 dunia asal Taiwan Hsieh Su-wei pada babak kedua.

Muguruza kalah dua set langsung 6-7(1), 4-6. Sebelumnya, dia sempat diragukan tampil di grand slam awal musim ini lantaran sempat mengundurk­an diri dari Sydney Internasio­nal (8/1). Saat itu Muguruza mengalami kram kaki kanan pada tengah laga perempat final kontra petenis Australia Daria Gavrilova. ’’Mungkin seharusnya saya bisa bermain dengan lebih baik. Namun, pada akhirnya, dia memang layak menang,’’ ucap pemilik dua titel

grand slam tersebut sebagaiman­a dilansir surat kabar Spanyol Marca.

Cuaca panas yang menyengat menyelimut­i jalannya pertanding­an kemarin. Para petenis mulai mengeluhka­n kondisi cuaca itu. Suhu Kota Melbourne tercatat di angka 39 derajat Celsius.

Muguruza menyatakan bahwa kondisi yang sangat panas menjadi salah satu alasan dirinya tidak mampu tampil maksimal. Panas, kata dia, membuat permukaan lapangan mengeras dan membikin para petenis kesakitan. ’’Kaki saya lecet. Saya tidak tahu berapa derajat saat ini. Tapi, ini memang benar-benar mengerikan,’’ ucap juara Wimbledon 2017 tersebut.

Petenis Inggris Johanna Konta menjadi unggulan sepuluh besar lain yang angkat

koper di babak kedua. Dia takluk di tangan ranking 123 dunia Bernarda Pera. Petenis Amerika Serikat itu mengalahka­n Konta dua set langsung 6-4, 7-5.

Dari sektor putra, unggulan sembilan yang juga juara Australia Terbuka 2014 Stanislas Wawrinka pun gagal menemukan performa terbaik. Masih terganggu cedera lutut, Wawrinka dibekuk Tennys Sandgren (Amerika Serikat) pada babak kedua dalam tiga set 2-6, 1-6, 4-6. Cedera lutut itu juga yang membuat Wawrinka absen selama enam bulan terakhir.

Di lain sisi, dua petenis top Novak Djokovic dan Roger Federer masih sanggup meneruskan langkah menuju babak ketiga. Federer kemarin menang 6-4, 6-4, 7-6(4) atas petenis Jerman Jan-Lennard Struff. Selanjutny­a, Djokovic mengirim pulang petenis Prancis Gael Monfils dalam empat set 4-6, 6-3, 6-1, 6-3.

Sama seperti petenis lain, Djokovic mengeluhka­n terlalu panasnya cuaca Melbourne. ’’Ada batas tertentu antara baik-baik saja dan berbahaya untuk kesehatan. Hari ini (kemarin, Red) sepertinya tepat kami berada di titik batas itu,’’ ucapnya.

Ajang Australia Terbuka pernah ditunda selama tiga hari karena suhu kota Melbourne mencapai titik di atas 40 derajat Celsius pada 2014.

 ??  ?? SAMPAI JUMPA LAGI:
Unggulan ketiga asal Spanyol Garbine Muguruza melambaika­n tangan kepada penonton di Rod Laver Arena, Melbourne, kemarin. Muguruza dikalahkan petenis Taiwan Hsieh Su-Wei pada babak kedua Australia Terbuka.
SAMPAI JUMPA LAGI: Unggulan ketiga asal Spanyol Garbine Muguruza melambaika­n tangan kepada penonton di Rod Laver Arena, Melbourne, kemarin. Muguruza dikalahkan petenis Taiwan Hsieh Su-Wei pada babak kedua Australia Terbuka.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia