Jawa Pos

Sejak Desember Turut Libatkan Wiro Sableng

-

SURABAYA – Nama-nama tim Satpol PP Surabaya cukup unik. Mulai Kung Fu Panda, Pikachu, Odong-Odong, Undur-Undur, sampai Kombros (Kompor Ngebros). Latar belakang penamaan tim-tim tersebut juga memiliki kisah tersendiri. Kendati demikian, mereka adalah penegak perda yang tegas.

Semua nama tim tersebut diberikan Kepala Satpol PP Surabaya Irvan Widyanto. Tim yang dibentuk Irvan paling baru adalah Wiro Sableng. Mau tahu mengapa namanya demikian? Ya, karena tim tersebut terbentuk pada tanggal 2 bulan 12 (Desember) tahun lalu. ”Kok ya pas sama tatonya 212 di dada Wiro Sableng itu,” jelas mantan camat Rungkut tersebut.

Tim itu bertugas menjaga markas satpol PP, namun tidak berarti diam. Ketika ada situasi darurat, tim tersebut bisa langsung terjun ke lapangan.

Menurut Irvan, setiap nama punya ceritanya. Tim reklame dijuluki Kung Fu Panda karena komandan tim berbadan gemuk. Meski begitu trengginas, setiap ada reklame liar yang harus ditertibka­n, Kung Fu Panda tinggal dikomando Irvan untuk turun tangan.

Ada lagi tim Undur-Undur. Tim itu biasanya menaiki segway

J

Daerah operasinya adalah jalur pedestrian di Surabaya. Tim satpol PP tersebut biasa menertibka­n parkir liar di jalur pejalan kaki.

Nama Undur-Undur disematkan lantaran segway yang ditumpangi para satpol PP itu ya maju mundur. Irvan juga mengambil nama sejumlah istilah di film Mandarin. Salah satunya, Kaypang atau partai pengemis. Nama itu diberikan lantaran bertugas merazia gelandanga­n dan pengemis serta penyandang masalah kesejahter­aan sosial (PMKS) lainnya di seantero Surabaya.

Sementara itu, nama hakim legendaris yang terkenal adil dan bijaksana Judge Bao disematkan untuk tim eksekutor penertiban. Apa pun jenisnya. Mulai membongkar bangunan liar hingga PKL.

Jika ada tim baru lagi, Irvan bakal mencari nama-nama lucu lainnya. Dia berharap petugas satpol PP bisa menjaga nama baik tim masing-masing meski nama-nama tersebut terkesan guyonan. ”Pokoknya, jangan arogan dan tetap adil,” tegasnya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia