Jawa Pos

Peta Prodi Favorit Berubah

Jalur SNM PTN Lulusan SMA/ SMK/MA 2018

-

SURABAYA – Para siswa kelas XII SMA/SMK/MA di Surabaya maupun daerah-daerah lain perlu betul-betul cermat dalam memilih program studi (prodi) di perguruan tinggi. Salah satunya, jeli melihat peluang dan passing grade prodi di PTN masing-masing.

Tiga PTN di Surabaya mulai merilis lima jurusan yang menjadi favorit atau banyak diminati pada SNM PTN 2017. Institut Teknologi 10 Nopember (ITS), misalnya. Enam prodi favorit adalah teknik informatik­a, teknik mesin, teknik elektro, teknik sistem informasi, teknik industri, dan teknik sipil.

Kepala Subdirekto­rat Penerimaan Mahasiswa dan Pengelolaa­n Kuliah Bersama ITS Siti Machmudah mengatakan, ada pergeseran sedikit untuk prodi favorit pada SNM PTN tahun lalu. Sebelumnya, prodi teknik industri menjadi primadona. Kini teknik industri justru menduduki peringkat kelima. ”Peringkat pertama sekarang diduduki teknik informatik­a,” katanya.

Pergeseran itu terjadi, kata dia, karena perkembang­an teknologi informatik­a komunikasi (TIK) sangat pesat. Banyak pelajar yang memilih prodi teknik informatik­a.

Hal itu bisa menjadi acuan lulusan SMA/SMK/SMK sederajat. ”Yang terpenting, pilihan siswa harus sesuai minat dan kemampuan. Jangan karena paksaan orang tua,” ujarnya.

Tahun ini ITS membuka daya tampung 1.115 kursi. Jumlah tersebut lebih besar daripada daya tampung tahun lalu sebesar 1.059 kursi. Kenaikan itu disebabkan ada dua prodi baru. Yakni, teknik informasi dan sains aktuaria. ”Jadi, tahun ini memang bertambah,” katanya.

Di Universita­s Airlangga, prodi favorit dalam SNM PTN 2017 kelompok saintek adalah pendidikan dokter (1.775). Lalu, kesehatan masyarakat (1.754), pendidikan apoteker (1.703), ilmu gizi (1.211), dan pendidikan dokter gizi (1.023).

”Untuk kelompok soshum, yang tertinggi masih prodi manajemen. Itu paling banyak, 2.219 peminat,” ucap Kepala Pusat Informasi dan Humas Unair Profesor Suko Widodo.

Tidak hanya ITS, Universita­s Pembanguna­n Nasional (UPN) Veteran juga demikian. Beberapa prodi favorit dikuasai sosial hukum. Antara lain, manajemen, akuntansi, ekonomi, dan ilmu komunikasi. Namun, prodi teknik mulai banyak diminati. ”Ini sudah ada pergeseran,” kataWarek 1 UPN Veteran Ramdan Hidayat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia