Jawa Pos

Cabut Patok Reklamasi Ilegal

Hambat Pembanguna­n Tanggul Laut

-

SURABAYA – Petugas gabungan dari Satpol PP Surabaya, Satpol PP Jatim, Linmas Kota Surabaya, Forpimka Kecamatan Asemrowo, serta Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya kemarin (18/1) bahu-membahu membersihk­an perairan di Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo. Keberadaan patok ilegal dianggap menghambat rencana pembanguna­n tanggul laut untuk mencegah banjir di kawasan tersebut.

Semua patok ilegal di kawasan pesisir dibersihka­n. Penertiban berlangsun­g sejak pagi. Meski sempat terkendala hujan, petugas tetap semangat beraksi. Mereka berkumpul di Kali Kandangan, Kelurahan Tambak Sarioso. Ada enam perahu karet yang disiapkan. Langkah penyisiran dilakukan dengan peralatan lengkap.

’’Untuk hari ini (kemarin, Red), sasarannya patok-patok ilegal di rawa-rawa. Setelah dicek, semua dipastikan tak berizin,” ucap Kabid Penegakan Perda Satpol PP Provinsi Jatim Erwin Indra Wijaya saat ditemui di lokasi. Dia menyebut penertiban sulit dilakukan secara manual. Karena itu, ada satu alat berat yang diturunkan.

Menurut Erwin, penertiban memang tidak mudah. Patok- patok dari kayu dan bambu sudah menancap belasan tahun. Pernah dicabut, tetapi sulit. Tanah yang mengeras semakin menyulitka­n petugas untuk membersihk­an reklamasi ilegal. Berdasar pengamatan, deretan patok sepanjang 400 meter berhasil dibersihka­n. Lokasinya berada di pinggir rawa yang ditanami bakau. Melihat kondisinya, ada dugaan patok dipasang lebih dari satu orang.

’’Kami sudah mencari informasi. Pemasangny­a belum diketahui,” ungkap Erwin. Menurut dia, pengawasan di kawasan pesisir akan semakin diperketat. Nantinya, pemantauan melibatkan kelurahan dan kecamatan.

Kasi Pembanguna­n Sarana Prasarana Pematusan Dinas PU Bina Marga dan Pematusan Surabaya Edy Kurniawan menjelaska­n, penertiban dilakukan karena keberadaan patok mengganggu pembanguna­n. Di kawasan pantai utara Asemrowo, rencananya dibangun tanggul laut. Reklamasi ilegal mengganjal pembuatan tanggul.

’’Usai dibersihka­n, kami akan langsung meneruskan pembanguna­n tanggul,” kata Edy. Berapa panjang tanggul yang akan dibangun?

Edi mengaku belum tahu persis angkanya. Pastinya, ada Rp 10 miliar yang disiapkan dari APBD Surabaya. Pembanguna­n ditarget tuntas akhir 2018. Penertiban di kawasan pantai utara sebenarnya tidak dilakukan

secara tiba-tiba.

 ?? AHMAD KHUSAINI/JAWA POS ?? UNTUK TANGGUL LAUT: Tim gabungan menghancur­kan patok di lepas pantai Teluk Lamong, Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, kemarin.
AHMAD KHUSAINI/JAWA POS UNTUK TANGGUL LAUT: Tim gabungan menghancur­kan patok di lepas pantai Teluk Lamong, Kelurahan Tambak Sarioso, Kecamatan Asemrowo, kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia