Jawa Pos

Hotel dan Perumahan Terus Tumbuh

-

SIDOARJO – Perumahan dan hotel-hotel baru belakangan tumbuh subur di Sidoarjo. Pertumbuha­n perumahan, misalnya. Saat ini perumahan di Kota Delta tercatat 597 lokasi. Perumahan tersebut bersebar di 15 kecamatan. Praktis tinggal 3 kecamatan yang belum terjamah pengembang perumahan.

Kepala Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Pemkab Sidoarjo Ari Suryono mengatakan, pertumbuha­n permukiman dan hotel itu termasuk penyumbang investasi. Tahun lalu investasi di Kota Delta tercatat Rp 17,3 triliun. Pada 2016, investasi mencapai Rp 16,9 triliun. Itu berati kenaikanny­a cukup signifikan.

’’Perdaganga­n dan gedung perumahan menjadi dua bidang usaha yang terus tumbuh,’’ jelas mantan kepala bagian (Kabag) kerja sama itu.

Untuk perumahan, lanjut Ari, investasi yang masuk pada tahun lalu Rp 1,2 triliun. Menurut Ari, perumahan memang tumbuh setiap tahun. Selama ini Kota Delta tetap menjadi magnet bagi warga luar kota. ’’Sebab, harga hunian masih relatif terjangkau,’’ jelasnya.

Ke depan kebutuhan perumahan terus bertambah. Karena keterbatas­an lahan, saat ini pengembang mulai melirik untuk membangun apartemen. Ari mengatakan, ada beberapa pengembang yang berencana membangun apartemen. Lokasinya di wilayah Pagerwoj o dan Jalan Pahlawan.

Adapun hotel di Sidoarjo saat ini tercatat 58 unit. Sama dengan kebutuhan perumahan, ke depan jumlah hotel terus bertambah. Salah satu faktor pendorong pertumbuha­n tersebut adalah Sidoarjo sebagai kota transit. Keberadaan Bandara Juanda dan Terminal Purabaya menjadi keunggulan tersendiri.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? SUMBANG INVESTASI: Hotel baru yang masih dibangun di Jalan Pahlawan, Sidoarjo.
BOY SLAMET/JAWA POS SUMBANG INVESTASI: Hotel baru yang masih dibangun di Jalan Pahlawan, Sidoarjo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia