Jawa Pos

Haniman-Salma ke Pelaminan Diiringi Salawat

Ngunduh Mantu ala Pengantin Arab

-

SURABAYA – Ngunduh mantu bukan semata milik pengantin adat Jawa. Mempelai yang berasal dari keturunan Arab pun menggunaka­n adat tersebut. Namun, ada beberapa hal yang berbeda. Sebab, runtutan acara dalam ngunduh mantu ala Arab yang digelar oleh pihak keluarga pengantin lakilaki tidak sama persis dengan prosesi ala Jawa.

Itu terlihat saat acara ngunduh mantu Muhammad Haniman dan Salma Al Habsyi di Hotel Grand Kalimas kemarin (18/1). Maulid atau bersalawat bersama menjadi bagian inti acara tersebut. Salawat dilantunka­n para tamu perempuan. Kurang lebih satu jam tamu perempuan yang bersalawat itu berdiri bersama-sama. Saat itulah, Haniman dan Salma masuk ke ruang tamu

undangan yang terus melantunka­n salawat. Kedua mempelai berjalan menuju pelaminan bersama para pengiring yang mengenakan baju model gamis ataupun dress bernuansa hijau. Namun, Haniman hanya duduk sebentar di pelaminan. Sebab, saat tamu perempuan kembali duduk untuk melanjutka­n akhir salawat, dia keluar ruangan. Meninggalk­an Salma untuk sementara waktu di pelaminan. Sekitar 15 menit kemudian saat salawat dan doa berakhir, Haniman kembali lagi ke ruangan tersebut.

’’Kalau ngunduh mantu keturunan Arab, para tamu enggak menyalami pengantin di pelaminan satu per satu. Tetapi, pengantin yang keluar ruangan, kemudian tamu bergiliran menyalami sambil langsung pulang,’’ terang Annisa, ownerHappy­WeddingSer­vice (HWS) Production, yang menghandle acara itu.

Adiba Haniman, kakak mempelai laki-laki, mengungkap­kan bahwa kedua pengantin melangsung­kan akad nikah dan resepsi pada Senin (15/1) di Gresik. ’’Kami dari keluarga lakilaki memang bikin ngunduh mantu supaya keluarga kami, yang waktu itu nggak bisa datang ke Gresik, bisa kumpul di sini,’’ terang Adiba.

 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? KHIDMAT: Kedua mempelai memasuki ruangan acara disambut salawat yang dilantunka­n semua tamu undangan perempuan.
ZAIM ARMIES/JAWA POS KHIDMAT: Kedua mempelai memasuki ruangan acara disambut salawat yang dilantunka­n semua tamu undangan perempuan.
 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? BERSIAP: Muhammad Haniman mengenakan inner ditumpuk Basofi gold dengan detail bordir dan payet.
ZAIM ARMIES/JAWA POS BERSIAP: Muhammad Haniman mengenakan inner ditumpuk Basofi gold dengan detail bordir dan payet.
 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? ELEGAN: Salma mengenakan gaun potongan mermaid dengan detail swarovski dan mutiara rancangan Fay Fairus.
ZAIM ARMIES/JAWA POS ELEGAN: Salma mengenakan gaun potongan mermaid dengan detail swarovski dan mutiara rancangan Fay Fairus.
 ?? ZAIM ARMIES/JAWA POS ?? TRADISI: Henna di bagian tangan dan kaki Salma yang dibuat dari serbuk daun pacar.
ZAIM ARMIES/JAWA POS TRADISI: Henna di bagian tangan dan kaki Salma yang dibuat dari serbuk daun pacar.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia