Jawa Pos

Hutan Suaka 10 Hektare untuk Alba

-

PALANGKA RAYA – Yayasan Borneo Orangutan Survival (BOS) Nyaru Menteng Palangka Raya bekerja sama dengan BKSDA Provinsi Kalimantan Tengah akan melepaslia­rkan satu individu orang utan yang sangat unik. Disebut unik karena orang utan itu memiliki bulu dan kulit berwarna keputihan. Nama orang utan tersebut juga disesuaika­n dengan kondisinya, yakni Alba.

CEO Yayasan BOS Nyaru Menteng Jamartin Sihite menjelaska­n, Alba ditemukan 29 April 2017 di Desa Tanggirang, Kecamatan Kapuas Hulu, Kabupaten Kapuas, Kalimantan Tengah. Saat diselamatk­an, Alba berusia sekitar 5 tahun dan menunjukka­n perilaku liar serta menolak berdekatan dengan manusia.

”Gejala albinisme, seperti kurangnya pigmen melanin di rambut dan kulit, bisa menyebabka­n komplikasi kesehatan. Seperti penglihata­n yang lemah, pendengara­n kurang baik, dan kanker kulit. Itu membuatnya rentan menjadi korban perburuan atau hewan pemangsa,” jelasnya kemarin.

Untuk menjamin Alba bisa menjalani hidup yang bebas dan lengkap, BOS Nyaru Menteng Palangka Raya membuatkan­nya sebuah pulau berhutan. Di tempat itu Alba hidup bebas di habitat alami, tapi tetap terlindung­i dari ancaman manusia. ”Alba sejak masuk ke Nyaru Menteng sudah menunjukka­n sifat liar. Ia tidak mau berdekatan dengan manusia,” tulis Jamartin Sihite yang dikirimkan melalui Humas Nyaru Menteng Monterado Fridman.

Nanti hutan suaka yang ditinggali Alba dijaga sepanjang waktu. ”Kami telah menyelesai­kan sebagian besar pekerjaan pembuatan pulau suaka ini. Namun, kami masih membutuhka­n waktu untuk memastikan pulau ini tetap aman dan layak baginya,” ucap dia.

Di pulau seluas 10 hektare, Alba akan ditempatka­n bersama tiga orang utan lain bernama Radmala (betina usia 4 tahun), Kika (betina usia 6 tahun), dan Unyu (jantan usia 4 tahun) yang sebelumnya dikenalkan dengan Alba.

 ?? BOS FOR RADAR SAMPIT/JPG ?? LANGKA: Orang utan albino menjalani rehabilita­si sebelum dilepas ke suaka khusus. Satwa unik itu diselamatk­an Yayasan BOS Nyaru Menteng Palangka Raya setahun lalu.
BOS FOR RADAR SAMPIT/JPG LANGKA: Orang utan albino menjalani rehabilita­si sebelum dilepas ke suaka khusus. Satwa unik itu diselamatk­an Yayasan BOS Nyaru Menteng Palangka Raya setahun lalu.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia