Jawa Pos

Tren E-Commerce untuk Pembayaran Meningkat

Perilaku Belanja Mulai Bergeser

-

JAKARTA – Sektor perdaganga­n elektronik atau e-commerce diprediksi masih menjadi primadona para investor pada tahun ini. Pola konsumsi di e-commerce juga semakin berkembang. Selain berbelanja fashion dan gadget, tren penggunaan e-commerce untuk segala jenis pembayaran berpotensi meningkat.

Country General Manager ShopBack Indonesia Indra Yonathan menyatakan, pertumbuha­n e-commerce di Indonesia didukung infrastruk­tur yang semakin stabil. Menurut riset ShopBack sebagai salah satu platform belanja online yang bekerja sama dengan 170 e-commerce, data Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) menunjukka­n nilai investasi di sektor e-commerce pada 2017 mencapai lebih dari USD 5 miliar. Hal itu menjadikan e-commerce sebagai sektor ekonomi yang paling strategis saat ini.

”Masyarakat saat ini tidak hanya membeli gadget dan barang fashion secara online, namun sudah mulai membeli makanan, pulsa, membayar BPJS, serta tiket-tiket online. Termasuk tiket pertanding­an olahraga, konser, dan bioskop,” jelas Yonathan.

Selain itu, dengan mulai bergeserny­a pola perilaku belanja masyarakat Indonesia, penjualan tiket secara online meningkat. Selain penjualan di sektor transporta­si, penjualan tiket untuk acara-acara pertunjuka­n, musik, dan olahraga mulai marak.

Peningkata­n pembayaran seperti pulsa, listrik, dan BPJS tampaknya juga sudah menjadi perhatian khusus bagi pelaku e-commerce. Sejumlah e-commerce seperti Tokopedia, Bukalapak, bahkan perusahaan teknologi Go-Jek mengekspan­si layanannya untuk dapat mengakomod­asi pembayaran-pembayaran di atas.

Pada kesempatan sebelumnya, CEO dan Founder Go-Jek Nadiem Makarim menyebutka­n bahwa perusahaan­nya memiliki visi untuk mempercepa­t inklusi keuangan bagi masyarakat unbanked communitie­s. ”Saat ini kita sedang melalui transisi masyarakat tunai menuju nontunai. Indonesia sendiri berpeluang menjadi negara digital superpower, bukan hanya di Asia tapi juga di dunia,” ujar Nadiem.

Head of Partnershi­p and Acceptance Go-Pay Vincent juga menambahka­n, fitur layanan pembayaran di aplikasi Go-Jek yang disebut Go-Bills akan memu- dahkan jutaan pengguna Go-Jek untuk melakukan pembayaran tagihan. ”Go-Jek punya sekitar 55 juta pengguna dan 50 persennya merupakan pengguna Go-Pay. Kami juga bekerja sama dengan 14 mitra bank. Melalui Go-Bills, pengguna dapat membayar iuran BPJS dan membayar tagihan listrik prabayar,” ujar Vincent.

Perubahan pola perilaku belanja tersebut juga ditunjukka­n dengan volume transaksi e-commerce yang meningkat. Laporan tahunan yang dikeluarka­n We Are Social menunjukka­n, persentase masyarakat Indonesia yang membeli barang dan jasa secara online dalam kurun waktu sebulan di 2017 mencapai 41 persen dari total populasi, meningkat 15 persen dibanding tahun 2016 yang hanya 26 persen.

CEO Blibli.com Kusumo Martanto menyebutka­n, persentase pengguna internet yang meningkat setiap tahun akan menjadi keuntungan dan kesempatan bagi industri e-commerce untuk terus tumbuh.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia