Jawa Pos

PM Bakal Jadi Ibu

-

WELLINGTON – Perdana Menteri (PM) Selandia Baru Jacinda Ardern sedang berbahagia. Kemarin (19/1) pemimpin 37 tahun itu mengumumka­n kehamilann­ya lewat Twitter. Dia melahirkan pada Juni mendatang. Dalam hitungan menit, PM perempuan termuda Negeri Kiwi tersebut banjir ucapan selamat.

”Bagi kami, 2017 adalah tahun yang istimewa. Tahun ini, kami bergabung dengan banyak orang tua lain yang punya peran ganda. Saya akan menjadi PM sekaligus ibu dan Clarke (Gayford, Red) menjadi first man of fishing sekaligus ayah,” cuit Ardern sebagaiman­a dilansir Associated Press. Pasangan sang PM, Gayford, adalah host acara memancing di televisi. Karena itu, publik menjulukin­ya first man of fishing.

Adern yang sah menjadi kepala pemerintah­an Selandia Baru pada 26 Oktober lalu tersebut mengetahui kehamilann­ya dua pekan sebelum pelantikan. Kepada Reuters, dia menyatakan bahwa dirinya dan Gayford selalu mengingink­an anak dalam rumah tangga mereka. Karena itu, dia tidak menyianyia­kan kesempatan cuti melahirkan selama enam pekan pada saatnya nanti.

Sebelum menjabat PM, Ardern dua kali dimintai pendapat tentang ibu bekerja oleh awak media. Lantas, seorang jurnalis menanyakan apakah pantas jika seorang PM mengambil cuti melahirkan. Ardern pun berang. ”Itu (pertanyaan) tidak perlu dijawab. Ini 2017 dan wanita karir tidak perlu menjawab pertanyaan seperti itu,” tegasnya sambil mengacungk­an jari ke arah sang jurnalis.

 ?? GREG BOWKER/NEW ZEALAND HERALD-AP ?? BAHAGIA: Jacinda Ardern (kanan) dan Clarke Gayford saat mengumumka­n kehamilan kemarin.
GREG BOWKER/NEW ZEALAND HERALD-AP BAHAGIA: Jacinda Ardern (kanan) dan Clarke Gayford saat mengumumka­n kehamilan kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia