Jawa Pos

Dirayakan dengan Enam Kerja Sama

60 Tahun Hubungan Bilateral RI-Jepang

-

BOGOR – Tahun ini, Indonesia dan Jepang merayakan 60 tahun hubungan bilateral kedua negara. Menindakla­njuti perayaan itu, Indonesia mengingink­an sejumlah kerja sama dengan Jepang dikonkretk­an. Khususnya di bidang pembanguna­n sejumlah infrastruk­tur.

Kemarin (19/1) Presiden Joko Widodo (Jokowi) menerima kunjungan kehormatan Utusan Khusus PM Jepang Toshihiro Nikai di Istana Bogor. November lalu, ungkap Jokowi, dirinya bertemu dengan PM Jepang Shinzo Abe di Manila. ”Dan saat itu saya menyampaik­an agar kita (baca: Indonesia dan Jepang, Red) cepat-cepat menyelesai­kan proyek kerja sama yang telah kita sepakati,” ujar Jokowi.

Sedikitnya ada enam proyek besar yang saat ini dikerjasam­akan kedua negara. Yaitu Pelabuhan Patimban, KA semicepat Jakarta–Surabaya, MRT fase 1, jalur MRT timur–barat, tol Padang–Pekanbaru, dan Blok Masela.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljon­o yang kemarin turut mendamping­i Jokowi mengatakan, sejumlah proyek sudah bisa segera dikerjakan. Salah satunya Pelabuhan Patimban di Subang, Jawa Barat. ”Patimban itu akan dimulai groundbrea­kingnya di bulan Mei 2018 sehingga Maret 2019 akan soft opening,” urainya.

 ?? FEDRIK TARIGAN/JAWA POS ?? BERSAHABAT: Video mapping di dinding luar Museum Sejarah Jakarta Taman Fatahillah, Jakarta, tadi malam (19/1). Video mapping itu berisi nukilan budaya Indonesia dan Jepang serta persahabat­an kedua negara. Acara tersebut dihelat dalam rangka peringatan...
FEDRIK TARIGAN/JAWA POS BERSAHABAT: Video mapping di dinding luar Museum Sejarah Jakarta Taman Fatahillah, Jakarta, tadi malam (19/1). Video mapping itu berisi nukilan budaya Indonesia dan Jepang serta persahabat­an kedua negara. Acara tersebut dihelat dalam rangka peringatan...

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia