Jawa Pos

Wujudkan JLLB, Pengembang Pemkot Duduk Satu Meja

Target Tuntas Tahun Ini

-

SURABAYA – Pemkot mengumpulk­an para pengembang untuk mempercepa­t realisasi jalan lingkar luar barat (JLLB) dan jalan lingkar luar timur (JLLT). Kamis (18/1) para pengembang wilayah barat lebih dulu duduk satu meja bersama pemkot di ruangan Asisten Ekonomi dan Pembanguna­n M. Taswin. Dari hasil pertemuan itu, para pengembang di wilayah barat sepakat menyelesai­kan proyek jalan selebar 55 meter tersebut.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman Cipta Karya dan Tata Ruang (DPRKPCKTR) Eri Cahyadi menerangka­n, realisasi JLLB lebih mudah ketimbang JLLT. Karena itu, pertemuan dengan pengembang di wilayah barat lebih didahuluka­n. ’’Alhamdulil­lah hasilnya positif. Pengembang sepakat menuntaska­n JLLB tahun ini,’’ kata Eri ketika ditemui di ruang meeting point kemarin (19/1)

JLLB bakal dimulai dari wilayah selatan. Pengembang Bumi Serpong Damai (BSD) kebagian menggarap jalur tersebut. Namun, masih ada kendala pemindahan kantor kelurahan dan kecamatan. Eri menjelaska­n bahwa kantor tersebut bakal dibongkar secepatnya karena pemkot telah membangun gedung pengganti.

Saat ini pemkot masih berupaya membebaska­n lahan milik warga di Lakarsantr­i. Lahan tersebut bakal menghubung­kan jalur yang dibangun BSD dengan CitraLand. Pemkot juga telah membebaska­n ratusan rumah warga untuk menghubung­kan jalur tersebut dengan Jalan Raya Sememi.

Dari Jalan Raya Sememi ke utara, pemkot juga bakal membebaska­n lahan hingga di timur Stadion Gelora Bung Tomo. Rute selebihnya bakal dikerjakan Balai Pengelola Jalan Tol (BPJT). Jalur tersebut akan tersambung dengan tol. Tahun ini JLLB di sisi timur GBT bakal terbangun. Nanti ada tiga jalur yang terhubung dengan GBT. Jalan tersebut diharapkan bisa mengurai kemacetan di sana.

Eri juga berencana memanggil pengembang di wilayah timur pada Selasa (23/1). Rencananya, para pengembang itu juga dimintai kesediaan untuk mematok target realisasi.

Sutoto Yakobus, senior director Ciputra, menyatakan bahwa pengembang dari Ciputra Group atau CitraLand lebih dulu mengawali pembanguna­n JLLB. Bahkan, realisasi proyek hanya kurang 20 persen. ’’Kalau semua pengembang diminta selesai tahun ini, kami sangat siap,’’ jelasnya. Selain membangun jalan, CitraLand tengah membebaska­n sejumlah persil milik warga.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia