Jawa Pos

Awasi Kondisi Anak di Sekolah Melalui E-Siswa

-

SURABAYA – Wali murid di Surabaya bakal semakin dimudahkan dalam mengawasi anak mereka di sekolah. Selama sepekan terakhir, pemkot menguji coba aplikasi e-siswa untuk memantau kegiatan anak selama di sekolah.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatik­a (Diskominfo) Antiek Sugiharti menjelaska­n, orang tua tidak hanya bisa tahu apakah anak mereka hadir atau absen di sekolah. Tetapi, mereka juga bisa mengetahui kondisi psikologis anak di sekolah. Teknisnya, guru yang mengajar hari itu akan memilih emotikon yang sesuai dengan kondisi anak, lalu mengirimka­nnya lewat aplikasi tersebut.

Dengan begitu, bisa diketahui pada jam pelajaran apa mood siswa baik atau kurang baik. Penyebabny­a bisa diselidiki dari data yang ditampilka­n e-siswa. ’’Bisa jadi mungkin dia tidak senang dengan mata pelajarann­ya,’’ jelas Antiek.

Data dalam aplikasi akan dibuat berbasis nama siswa dan nomor induk kesiswaan (NIK)-nya. Untuk sementara, program tersebut masih diuji coba di beberapa sekolah negeri. Total ada sembilan SMP yang menjadi pilot project aplikasi e-siswa. Di antaranya, SMPN 1 dan SMPN 2.

Rencananya, aplikasi tersebut dievaluasi kembali Senin (22/1). Menurut Antiek, mungkin masih ada kendala di saranapras­arana. Sebab, tidak semua wali murid terbiasa menggunaka­n smartphone. ’’Dilihat juga kemampuan orang tuanya. Dan sekolah mana saja yang bisa menerapkan itu,’’ ujarnya.

 ?? DITE SURENDRA/JAWA POS ?? PANTAU AKTIVITAS: Wakasek SMPN 1 Surabaya Winarto mencoba aplikasi E-Siswa kemarin (19/1). SMPN 1 merupakan satu di antara sembilan sekolah yang jadi proyek percontoha­n aplikasi tersebut.
DITE SURENDRA/JAWA POS PANTAU AKTIVITAS: Wakasek SMPN 1 Surabaya Winarto mencoba aplikasi E-Siswa kemarin (19/1). SMPN 1 merupakan satu di antara sembilan sekolah yang jadi proyek percontoha­n aplikasi tersebut.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia