Jawa Pos

Setengah Bulan Terima 136 Permohonan SKTT

-

SURABAYA – Dinas kependuduk­an dan pencatatan sipil (dispendukc­apil) terus meningkatk­an kualitas pelayanan surat keterangan tempat tinggal (SKTT) untuk orang asing. Selama Januari 2018, sudah ada 136 permohonan SKTT yang masuk ke pemkot.

Dari data yang terhimpun di dispendukc­apil, terdapat 3.014 permohonan SKTT orang asing selama 2017. Paling banyak datang dari warga Tiongkok, Jepang, dan Korea Selatan. Kabid Pelayanan Pendaftara­n Penduduk Dispendukc­apil Ferry Jocom menyatakan, mayoritas pemohon adalah pengusaha dan pelajar. ’’Jumlah itu akumulasi dari pemohon baru dan perpanjang­an,” jelas Ferry di kantornya kemarin (19/1).

Banyaknya warga negara asing (WNA) di Surabaya sebenarnya bisa memberikan dampak positif. Jumlah investasi asing meningkat. Selain itu, secara tidak langsung, Surabaya bisa dipromosik­an kepada negara lain.

Ferry melanjutka­n, pihaknya terus melakukan pengawasan terhadap orang asing. Bekerja sama dengan tim pengawasan orang asing dari kantor imigrasi dan kepolisian, mereka sering melakukan operasi pengawasan di tempat-tempat tertentu.

Umumnya, operasi pengawasan WNA dilakukan di pusat perbelanja­an dan apartemen. ’’Biasanya di tempat perbelanja­an seperti Pasar Atom. Apartemen juga sering,” ucapnya. Selain itu, berkembang­nya pusat studi atau kursus bahasa asing tak luput dari pengawasan tim.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia