Jawa Pos

Pelebaran Tol, Pohon Dipindah

-

SURABAYA – Perluasan area tol Margomulyo oleh Pemkot Surabaya terus dikerjakan. Salah satunya, membersihk­an lokasi tersebut dari benda-benda yang ”menghalang­i” pengerjaan proyek. Termasuk, di antaranya, pohon.

Meski demikian, pemkot tak menghendak­i adanya kegiatan penebangan pohon. Karena itu, mereka meminta pihak rekanan proyek untuk memindahka­nnya ke lokasi lain. ”Sementara, ada sebelas pohon yang harus dipindahka­n,” ujar Ghofur Wijaya, owner Wijaya Naturalis Garden selaku rekanan proyek tersebut, kemarin (19/1).

Mereka mengerjaka­n pemindahan pohon secara manual. Sengaja tidak menggunaka­n alat berat agar tidak merusak bagian akar. Pohon tersebut kemudian dipindahka­n ke lokasi yang baru. ”Ditanam kembali di dekat area itu juga. Sebagian untuk menggantik­an pohon lama yang mati,” imbuhnya. Ukuran pohon yang dipindahka­n cukup besar. Ada beberapa yang umurnya mencapai 12 tahun.

 ?? GUSLAN GUMILANG / JAWA POS ?? CARA MANUAL: Pekerja memindahka­n pohon yang terdampak perluasan tol Margomulyo kemarin.
GUSLAN GUMILANG / JAWA POS CARA MANUAL: Pekerja memindahka­n pohon yang terdampak perluasan tol Margomulyo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia