Jawa Pos

Cetak Guru Muda yang Kompeten

Camp EPIC oleh Kedutaan AS di Jakarta

-

SURABAYA – Bermain dan belajar bersama dalam bahasa Inggris. Keseruan itu terlihat di SMP Khadijah kemarin (19/1). Kegiatan tersebut merupakan rangkaian acara Camp EPIC (Empowered, Prepared, Inspired, Connected) yang diikuti 53 peserta dari seluruh wilayah Indonesia dan Timor Leste.

Dengan mengenakan kaus kuning, mereka terlihat sangat bersemanga­t mengikuti kelas. Setelah itu, para peserta camp masuk ke beberapa kelas SMP Khadijah. Mereka berkomunik­asi dengan para siswa menggunaka­n bahasa Inggris. Materi disampaika­n secara ringan. Salah satunya, bermain di dalam kelas. Ada pula yang bernyanyi bersama dengan siswa. Dengan begitu, muncul komunikasi aktif antarpeser­ta camp dan siswa.

Camp EPIC adalah program intensif selama dua minggu untuk mahasiswa tingkat akhir di Indonesia dan Timor Leste. Khusus bagi mereka yang ingin menjadi guru bahasa Inggris. Program itu merupakan inisiatif Regional English Language Office (RELO) di Kedutaan Besar Amerika Serikat di Jakarta yang bermitra dengan Universita­s Indonesia.

’’Program tersebut dirancang untuk memperkuat studi mereka. Siapa saja boleh gabung,’’ ungkap Catur Wahyudi, RELO assistant Kedutaan Besar AS di Jakarta.

Kegiatan-kegiatan selama camp bertujuan memperkuat studi para mahasiswa sebelum lulus. Ada workshop dalam kelas. Ada pula kegiatan pelatihan di ruang terbuka. Dengan begitu, mereka berharap bisa menghasilk­an guru bahasa Inggris yang berkompete­n. Selain itu, pengalaman mereka semakin banyak.

RELO Public Affairs William Little melanjutka­n, kegiatan itu dilaksanak­an setiap tahun. Tahun ini merupakan tahun keempat Camp EPIC. Menurut dia, jumlah peserta camp selalu meningkat. ’’Tahun ini tambah banyak sekali. Mereka berasal dari berbagai macam daerah,’’ katanya.

 ?? DIPTA WAHYU/JAWA POS ?? KOMUNIKASI AKTIF: Mahasiswa fasilitato­r asal Amerika Serikat, Robyn Stewart (kanan) dan Alicia Bradley, bermain bersama siswa-siswa SMP Khadijah Surabaya dalam rangkaian program Camp EPIC kemarin (19/1).
DIPTA WAHYU/JAWA POS KOMUNIKASI AKTIF: Mahasiswa fasilitato­r asal Amerika Serikat, Robyn Stewart (kanan) dan Alicia Bradley, bermain bersama siswa-siswa SMP Khadijah Surabaya dalam rangkaian program Camp EPIC kemarin (19/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia