Jawa Pos

Tiap Minggu Bersihkan Sungai

-

SIDOARJO – Sudah setahun komunitas Sahabat Pecinta Sungai terbentuk. Komunitas itu beranggota siswa SMK YPM 8 Sidoarjo. Setiap pekan mereka bersihbers­ih di sekitar sungai dan lingkungan RT 10, RW 5, Desa Anggaswang­i, Kecamatan Sukodono.

Kemarin (19/1) sebanyak 20 siswa membersihk­an pinggir sungai. ’’Waktunya bisa Jumat atau Sabtu,’’ kata Didik Teguh Wahyudi, guru pendamping mereka. ’’Ini tadi mengumpulk­an 20 sak sampah,’’ lanjutnya.

Sampah tersebut dibawa ke sekolah. Sampah organik dimasukkan ke mesin pencacah agar cepat diolah menjadi kompos. Yang plastik dipilah. Yang sudah tidak bisa diolah akan dibakar. ’’Nanti berlanjut kita tanami tanaman perdu di sepanjang sungai yang sudah dibersihka­n,’’ ujar Didik.

Bukan hanya itu, pihak sekolah lewat Sahabat Pecinta Sungai juga akan membuatkan tempat sampah dan komposter sesuai kebutuhan warga. ’’Kami siap membuatkan. Contohnya sudah ada di sekolah,’’ kata Didik. Anggota komunitas yang perempuan juga diikutkan dalam arisan ibu-ibu di sana.

 ?? FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS ?? KEGIATAN RUTIN: Siswa SMK YPM 8 Sidoarjo membersihk­an bibir sungai di Desa Anggaswang­i kemarin.
FIRMA ZUHDI ALFAUZI/JAWA POS KEGIATAN RUTIN: Siswa SMK YPM 8 Sidoarjo membersihk­an bibir sungai di Desa Anggaswang­i kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia