Jawa Pos

Duo Janda Bobol Tiga Minimarket

Sembunyika­n di Ketiak dan Selangkang­an

- Sumber: Satreskrim Polrestabe­s Surabaya

SURABAYA – Fatim Hamamah dan Elvira Puspita Sari merupakan perempuan langka. Ibu dan anak yang sama-sama menjanda itu memiliki keahlian membobol minimarket. Mereka berhasil beraksi di tiga lokasi. Polisi memburu keduanya dalam sebulan terakhir.

Perempuan yang tinggal di Jalan Jaksa Agung, Gresik, tersebut ditangkap Kamis malam (18/1). Mereka baru saja beraksi di sebuah minimarket di kawasan Margorejo Indah. ’’Keduanya dijerat pasal 363 KUHP. Mereka nggak bisa ngeles karena sudah beraksi di tiga TKP,’’ kata Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya AKBP Sudamiran.

Kepada penyidik, mereka berdalih melakukan hal itu dengan alasan himpitan ekonomi. Apalagi, mereka berstatus janda. Keduanya pun bersepakat sejak dari rumah untuk mencuri di Surabaya. ’’Katanya, enggak ada yang mau menafkahi mereka,’’ kata seorang penyidik.

Dalam beraksi, mereka datang ke Kota Pahlawan tiga kali. Yakni pada akhir Desember 2017 dan pertengaha­n Januari 2018. Kamis (18/1) adalah hari apes dua janda tersebut. Mereka kepergok mencuri 7 minyak goreng kemasan 1 liter, 4 sabun cuci piring kemasan 800 ml, dan 2 tas cangklong. Total nilainya mencapai Rp 250 ribu.

Pencurian itu dilakukan dengan teknik yang rapi. Fatim dan Elvira datang ke Surabaya dengan mengenakan baju setelan panjang serta penutup kepala berukuran besar. Setelan tersebut dipakai untuk memudahkan aksinya.

Saat masuk ke minimarket, mereka selalu berdekatan. Keduanya selalu mendatangi rak tertentu secara bersamaan. Fatim berusaha mengambil barang. Lalu, Elvira langsung menyembuny­ikannya Kasatreskr­im Polrestabe­s Surabaya

Mereka nggak bisa ngeles karena sudah beraksi di tiga TKP.’’ AKBP SUDAMIRAN,

di bawah ketiak dan paha. Hal itu dilakukan secara bergantian dan saling membantu.

Pakaian yang serba klomborklo­mbor tersebut membuat barang curian tersamarka­n dengan sempurna. Hanya, karena terlalu banyak yang diambil, mereka sulit berjalan. Rudi Cahyono, pegawai minimarket di Margorejo Indah, yang curiga langsung menegur keduanya.

Tiba-tiba Fatim dan Elvira melempar barang curian itu ke arah kasir dan berusaha melarikan diri. Namun, Rudi dengan sigap mencegahny­a. Mereka diserahkan kepada polisi.

 ??  ?? 3 Mereka menyembuny­ikan barang curian di ketiak dan selangkang­an. 1 Fatim dan Elvira datang ke minimarket yang sepi pengunjung saat siang. 2 Mereka mengenakan setelan pakaian dan penutup kepala berukuran besar. PENCURIAN ALA DUO JANDA
3 Mereka menyembuny­ikan barang curian di ketiak dan selangkang­an. 1 Fatim dan Elvira datang ke minimarket yang sepi pengunjung saat siang. 2 Mereka mengenakan setelan pakaian dan penutup kepala berukuran besar. PENCURIAN ALA DUO JANDA
 ?? GRAFIS: DAVID PRASETYO/JAWA POS ?? 5 Pernah beraksi di minimarket Bendulmeri­si, Sidosermo, dan Margorejo Indah. 6 Aksi mereka terbongkar karena kasir curiga dengan cara berjalanny­a yang kikuk.
GRAFIS: DAVID PRASETYO/JAWA POS 5 Pernah beraksi di minimarket Bendulmeri­si, Sidosermo, dan Margorejo Indah. 6 Aksi mereka terbongkar karena kasir curiga dengan cara berjalanny­a yang kikuk.
 ??  ??
 ??  ?? Barang yang dicari 4 minyak goreng, sabun, dan mi instan.
Barang yang dicari 4 minyak goreng, sabun, dan mi instan.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia