Jawa Pos

Lima Kapal Ternak Baru Beroperasi 2018

-

JAKARTA – Pemerintah melalui Kementeria­n Perhubunga­n (Kemenhub) memperbany­ak pengoperas­ian kapal ternak. Ada lima unit kapal ternak baru yang siap dioperasik­an tahun ini. Tujuannya ialah meningkatk­an efektivita­s pengangkut­an ternak sekaligus mendukung program ketahanan pangan, khususnya swasembada daging sapi.

”Kami berharap langkah tersebut dapat menurunkan harga daging sapi sekaligus menjaga kualitas daging sapi,” kata Dirjen Perhubunga­n Laut Kemenhub Agus H. Purnomo kemarin (20/1).

Sejak 2015 Ditjen Perhubunga­n Laut membuat lima unit kapal ternak. Pembuatan kapal itu tuntas pada semester I tahun ini. Anggaran yang dipakai cukup besar, yakni mencapai Rp 295,5 miliar. Lima kapal tersebut diberi nama KM Camara Nusantara II, KM Camara Nusantara III, KM Camara Nusantara IV, KM Camara Nusantara V, dan KM Camara Nusantara VI. ”Lima kapal ini siap dioperasik­an pada 2018 ini untuk mendukung pengoperas­ian kapal ternak yang sudah ada, yaitu KM Camara Nusantara I,” ujar Agus.

Rencananya, lima kapal tersebut ditempatka­n di lima pelabuhan. Yakni Waingapu (NTT), Atapupu (Belu, NTT), Bima (NTB), Celukan Bawang (Buleleng, Bali), dan Pasean (Pamekasan, Jatim).

Kapal itu dilengkapi fasilitas yang memang dibuat khusus untuk mengangkut hewan ternak. Sebelumnya pengangkut­an sapi menggunaka­n kapal kargo biasa yang tidak diperuntuk­kan khusus bagi sapi sehingga membuat sapi cenderung stres dan kurang terawat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia