Jawa Pos

Satu Petugas PPDP Kunjungi Lima Rumah

76 Orang Cocokkan Data Pemilih di Gunung Anyar

-

SURABAYA – Berbagai persiapan dilakukan menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak. Kemarin (20/1) sebanyak 76 petugas pemutakhir­an data pemilih (PPDP) mengikuti apel pagi sebelum melakukan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih.

Apel yang berlangsun­g pukul 07.00 di halaman Kantor Kecamatan Gunung Anyar tersebut dihadiri 76 PPDP serta perangkat muspika. Apel tersebut merupakan bentuk kesiapan PPDP sebelum turun ke lapangan untuk melaksanak­an coklit. Kegiatan itu diadakan serentak di seluruh Indonesia.

Setelah pelaksanaa­n apel, PPDP langsung menuju rumah warga untuk melakukan coklit. Petugas memeriksa ulang jumlah pemilih dalam satu rumah dan memastikan apakah mereka sudah terdata atau belum. ’’Minimal satu petugas mengunjung­i lima rumah,” ujar Ketua Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Gunung Anyar Kusnan.

Rumah yang sudah didatangi petugas ditempeli stiker. Stiker itu berisi informasi soal jumlah pemilih yang terdaftar.

Kusnan mengatakan, data itu nanti dikumpulka­n menjadi data pemilih sementara (DPS). Selanjutny­a, data tersebut diproses lagi hingga menjadi data pemilih tetap (DPT). ’’Masyarakat juga bisa mengecek langsung di website KPU untuk mengetahui apakah sudah terdata atau belum,” ujarnya.

Dalam kesempatan itu, Kusnan juga mengimbau masyarakat untuk selalu waspada. Tanyakan kepada petugas soal surat tugas dan identitas sebagai PPDP. ’’Sebab, itu yang menyatakan bahwa orang tersebut adalah petugas PPDP,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia