Jawa Pos

Minta Restu Kiai Pasuruan

-

PASURUAN – Pondok pesantren (ponpes) menjadi salah satu lokasi yang sering didatangi para calon gubernur Jatim. Kemarin, bakal calon gubernur (bacagub) Khofifah Indar Parawansa berkunjung ke Ponpes Darul Karomah Gunung Jati, Kramat, Kecamatan Kraton, Kabupaten Pasuruan.

Khofifah didampingi beberapa petinggi parpol pengusung. Salah satunya anggota DPRD Jatim dari Partai Nasdem Muzammil Syafi’i. Hadir dalam acara tersebut KH Abdullah Siradj dari Ponpes Sidogiri serta Ketua PP Muslimat NU 5 periode Hj Machfudhoh Aly Ubaidi.

Khofifah mengungkap­kan, majelismaj­elis di pesantren memang menjadi perhatian utamanya. Khofifah merasa mendapat energi baru setelah bertemu para kiai. ’’Saya rasa teman-teman juga melihat saat para kiai membacakan doa. Tak hanya mendukung, tetapi juga mengajak untuk mendukung. Itu membuktika­n bahwa kami diterima dengan baik,” ungkapnya kepada Jawa Pos Radar Bromo.

KH Jazuli Munif, pengasuh Ponpes Darul Karomah Gunung Jati, menyatakan mendukung penuh pasangan Khofifah-Emil. Menurut dia, sebagai santri setia Gus Dur, Khofifah dan Emil pantas menduduki kursi nomor satu di Jatim. ’’Bu Khofifah ini santri setia Gus Dur. Beliau ini selalu taat dawuhnya Gus Dur. Karena itu, untuk saat ini, beliaulah yang pas untuk menjadi gubernur Jawa Timur yang baru,” ujarnya.

Sementara itu, barisan partai pendukung Khofifah-Emil menginvent­arisasi namanama tokoh untuk mengampany­ekan paslon mereka. Renville Antonio, sekretaris tim pemenangan Khofifah-Emil, menyebutka­n sejumlah nama yang akan terjun ke Jatim. Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) hampir dipastikan turun ke Jatim di tengah masa kampanye. ”1 Februari nanti saya dipanggil ke Jakarta untuk menjadwalk­an kunjungan kampanye SBY dan AHY,” jelas Renville di kantor DPD Partai Demokrat kemarin (26/1).

Renville menerangka­n, SBY mungkin mendamping­i Khofifah bersama Pakde Karwo. Sementara itu, AHY akan selalu berdamping­an dengan Emil sebagai sesama tokoh muda.

Semua anggota DPR dapil Jatim, lanjut dia, juga diwajibkan turun ke Jatim selama masa kampanye. Timnya juga sedang menginvent­arisasi tokoh-tokoh dari partai lain. Sejauh ini, PAN sudah mengumumka­n siapa saja skuad yang akan diturunkan untuk kampanye. Misalnya, Eko Patrio, Anang Hermansyah, dan Sigit Purnomo alias Pasha Ungu. Ketua-ketua partai di tingkat pusat juga akan ambil bagian secara bertahap. ”Baru ketika kampanye akbar nanti bersamaan,” ujarnya.

 ?? ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO ?? DAERAH BASIS: Khofifah disalami para santriwati di Ponpes Darul Karomah Gunung Jati Kramat, Kraton, Pasuruan, kemarin siang (26/1).
ZUBAIDILLA­H/JAWA POS RADAR BROMO DAERAH BASIS: Khofifah disalami para santriwati di Ponpes Darul Karomah Gunung Jati Kramat, Kraton, Pasuruan, kemarin siang (26/1).
 ?? ADNAN REZA/JAWA POS ??
ADNAN REZA/JAWA POS

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia