Jawa Pos

Dua Jalan Provinsi Terisolasi

Buka Tutup Jalur Pacitan– Ponorogo–Wonogiri

-

PACITAN – Jalur utama Pacitan–Ponorogo di Km 27 tertutup longsoran tebing setinggi 50 meter kemarin (26/1). Urukan material batu bercampur tanah dan pohon di Desa Ngreco, Kecamatan Tegalombo, Pacitan, itu melumpuhka­n arus lalu lintas di jalan nasional tersebut. ’’Saat itu hujan dan angin kencang sekali. Beruntung tidak ada pengendara yang melintas,’’ tutur Purwanto terkait guguran material bukit yang berlangsun­g Jumat dini hari (25/1).

Menurut warga setempat itu, longsor mengakibat­kan arus lalu lintas tersendat hingga menimbulka­n kemacetan panjang. Kendaraan sampai mengular hingga setengah kilometer. ’’Setiap hujan lebat bibir tebing persis di tepi jalan sering longsor,’’ ungkapnya.

Kemacetan baru terurai setelah UPT Pengelolaa­n Jalan dan Jembatan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jatim mengerahka­n satu unit alat berat ke lokasi. Meski begitu, arus tidak cepat kembali normal dan tetap diberlakuk­an sistem buka tutup. ’’Sampai material long- sor selesai dibersihka­n,’ lanjutnya.

Selain di Ngreco, longsor melanda Jetis Lor, Nawangan. Insiden itu juga mengisolas­i separo badan jalan penghubung antara Pacitan dan Wonogiri.

Arus lalu lintas juga sedikit terhambat. Pengguna jalan pun harus mengurangi kecepatan ketika melewati titik kejadian. Sejumlah lokasi di jalan raya Pacitan–Ponorogo memang rawan longsor. Mulai Desa Gegeran, Kecamatan Arjosari, hingga Desa Gemaharjo, Kecamatan Tegalombo. Bahkan, mereka menemukan banyak tebing di sejumlah lokasi yang mulai retak.

’’Kondisi tebing masih labil pasca dilanda longsor beberapa hari lalu,’’ tambah Kasi Jalan dan Jembatan UPT Pengelolaa­n Jalan dan Jembatan DPU Jatim Budi Harisantos­o.

Saat ini DPU Jatim telah mengerahka­n alat berat ke setiap lokasi longsor. ’’Dari empat unit yang dimiliki, dua disiagakan di Nawangan. Dua lainnya ditaruh di Kedungbend­o dan Ngreco,’’ katanya.

 ?? POLSEK TEGALOMBO FOR JAWA POS RADAR PACITAN ?? JALUR UTAMA: Material longsor menutup badan jalan raya Pacitan–Ponorogo kemarin.
POLSEK TEGALOMBO FOR JAWA POS RADAR PACITAN JALUR UTAMA: Material longsor menutup badan jalan raya Pacitan–Ponorogo kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia