Jawa Pos

Problem Besar di Lini Depan

-

BANDUNG – Persib Bandung kembali membuktika­n bahwa mereka belum keluar dari status klub medioker. Setelah musim lalu yang buruk dengan hanya finis pada peringkat ke-13 atau hanya tiga setrip di atas zona degradasi, pramusim ini mereka belum kunjung mantap.

Berstatus tuan rumah grup A Piala Presiden 2018, klub berjuluk Maung Bandung itu malah gagal bersaing. Mereka kalah oleh PSM Makassar 0-1 tadi malam dan membuat peluang lolos ke babak delapam besar tertutup rapat. Sebab, Sriwijaya FC dan PSMS Medan mengemas enam poin.

Kedatangan pelatih Mario Gomez yang memiliki reputasi mantap dengan prestasi hebat bersama klub Malaysia Johor Darul Ta’zim belum menunjukka­n hasil. Mereka masih butuh banyak perbaikan dalam pramusim agar tidak kembali jeblok ketika Liga 1 dimulai awal Maret nanti.

Melawan PSM yang turun dengan pasukan utama, setelah dalam dua laga sebelumnya berbagi fokus dengan turnamen pramusim lainnya, Makassar Super Cup Asia 2018, Persib kesulitan. Apalagi, dengan tuntutan harus menang lebih dari tiga gol atas PSM.

Kembalinya Henhen Herdiana dan Febri Hariyadi yang sebelumnya absen dari Persib karena pemusatan latihan timnas U-23 Indonesia, dimanfaatk­an betul oleh Gomez. Sayangnya, problem utama Persib dalam penyelesai­an akhir ternyata belum teratasi.

Yang lebih menyakitka­n, kekalahan Persib kemarin harus terjadi saat sang lawan hanya bermain dengan 10 pemain. Itu setelah kapten PSM, Zulkifli Syukur diusir wasit Handri Kristanto dari Semarang setelah mengantong­i dua kartu kuning pada menit ke-52 dan ke-54.

Lini depan Persib sampai laga tadi malam menyisakan problem tersendiri. Catatan besar tersebut tentu harus bisa diuraikan tim pelatih Maung Bandung jelang Liga 1 2018 bergulir. Sebab, mengacu persiapan tim peserta yang lain, manajemen Persib tentu tidak boleh tinggal diam.

Gomez menjelaska­n timnya butuh banyak perbaikan. Disinggung posisi penyerang, dia menyatakan sosok penyerang Persib tidak hanya harus tinggi besar. ”Tetapi harus punya intelejens­i yang tinggi. Dia juga harus mengerti instruksi pelatih,” katanya.

Terlebih lagi, pada saat yang bersamaan dengan kekalahan tadi malam, Persib juga dipastikan kehilangan Ahmad Jufriyanto. Pemain yang disapa Jupe itu dikabarkan bakal berlabuh ke salah satu klub Malaysia. Tetapi, belakangan, dia santer dikabarkan bakal mengisi satu posisi kosong PSM pasca ditinggal Hamka Hamzah.

 ?? RIANA/RADAR BANDUNG ?? BINGUNG: Pelatih Persib Mario Gomez termenung setelah kekalahan oleh PSM di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tadi malam. Persib gagal lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2018.
RIANA/RADAR BANDUNG BINGUNG: Pelatih Persib Mario Gomez termenung setelah kekalahan oleh PSM di Stadion Gelora Bandung Lautan Api tadi malam. Persib gagal lolos ke babak delapan besar Piala Presiden 2018.
 ?? ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES ?? BERKELIT: Striker Sriwijaya Beto Goncalves dibayang-bayangi bek PSMS M. Roby dan Reinaldo Lobo (kiri) di Gelora Bandung Lautan Api kemarin.
ACHMAD NUGRAHA/JABAR EKSPRES BERKELIT: Striker Sriwijaya Beto Goncalves dibayang-bayangi bek PSMS M. Roby dan Reinaldo Lobo (kiri) di Gelora Bandung Lautan Api kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia