Jawa Pos

Amankan Satu Tiket di Final

Kalahkan Chen Long, Anthony Makin Hot

-

JAKARTA – Indonesia menempatka­n empat wakil pada babak semifinal Indonesia Masters 2018 hari ini. Di antara mereka, nomor ganda campuran dipastikan meloloskan satu wakil di partai puncak. Sebab, terjadi all Indonesian semifinal, yakni Tontowi Ahmad/ Liliyana Natsir melawan Praveen Jordan/Melati Deva Oktavianti.

Kejutan diukir oleh tunggal putra Anthony Sinisuka Ginting. Pebulu tangkis 21 tahun tersebut menaklukka­n andalan Tiongkok yang juga peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 Chen Long lewat pertarunga­n sengit tiga game, 21-11, 16-21, 21-18.

’’Set pertama saya main di atas angin. Saat itu Chen Long belum mendapat ritme mainnya,’’ kata Anthony. Namun, pada set kedua, Anthony malahterli­hatmengend­urkan serangan dan terbawa permainan lawan. Pada set ketiga, pemain kelahiran Ciamis itu berusaha bangkit dengan menaikkan tempo serangan yang makin cepat.

Pada semifinal hari ini, Anthony menghadapi Chou Tien Chen (Taiwan) yang mengalahka­n pemain Denmark Hans-Kristian Vittinghus, 15-21, 21-16, 21-18. Anthony dan Chou sudah tiga kali bertemu. Anthony unggul dengan dua kali menang. Namun, pada pertemuan terakhir di ajang All England 2017, Chou menang 21-10, 21-14.

Satu wakil Indonesia lainnya adalah ganda putra Marcus Fernaldi Gideon/Kevin Sanjaya

Sukamuljo. Pasangan terbaik dunia itu mengalahka­n Chen Hung Ling/Wang Chi-lin (Taiwan), 20-22, 21-14, 21-14.

Pelatih ganda putra Herry Iman Pierngadi menuturkan, anak didiknya itu menurunkan tempo permainan setelah merasa unggul. Dia lantas mengarahka­n untuk berani main di depan, namun tidak buru-buru dan lebih bersabar. Saat jeda set ketiga, Herry memberikan instruksi kepada Marcus/Kevin. ’’Ayo, fokus dan teriak,’’ serunya. Dia bermaksud untuk mengeluark­an karakter asli ganda putra nomor satu dunia itu. (han/c4/ca)

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia