Jawa Pos

Wajib Pendidikan Empat Bulan

-

SURABAYA – Para guru yang ingin mendapatka­n sertifikat pendidik diharuskan mengikuti pendidikan profesi guru dalam jabatan (PPGDJ). Program pendidikan sekitar empat bulan itu mulai diterapkan tahun ini.

Kepala Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya Ikhsan mengatakan, PPGDJ itu otomatis menggantik­an pendidikan profesi guru (PPG) yang selama ini ditempuh guru. Perubahan tersebut sudah ditentukan oleh pemerintah pusat. ”Semuanya berubah,” jelasnya

Saat ini ada 295 guru yang akan mengikuti PPGDJ.”

IKHSAN

Kepala Dinas Pendidikan Surabaya

Ikhsan menyatakan, ”Saat ini ada 295 guru yang akan mengikuti PPGDJ.” Mereka sebelumnya mengikuti pretest PPG pada Desember tahun lalu. Guru tersebut berasal dari berbagai lembaga pendidikan. Baik yang mengabdi di sekolah negeri maupun sekolah swasta. Mulai SD, SMP, hingga SMA/SMK.

Kabid Guru dan Tenaga Kependidik­an Mamik Suparmi menyatakan, guru akan dilatih selama empat bulan. Mereka menempuh pendidikan di lembaga pendidikan tenaga kependidik­an (LPTK) yang ditunjuk oleh kementeria­n.

Selama pendidikan, guru akan mendapatka­n berbagai program. Mulai teori, microteach­ing, hingga program pembelajar­an lapangan. Sistemnya in-on-in. Artinya, pembelajar­an dilakukan di dalam LPTK maupun di luar LPTK.

Setelah menjalani PPGDJ, lanjut Mamik, guru mengikuti tes di akhir pembelajar­an. Tes tersebut akan menentukan apakah guru itu bisa lulus atau tidak sehingga berhak mendapatka­n sertifikat pendidik.

Meski begitu, Mamik optimistis para guru yang mengikuti PPGDJ akan mendapatka­n nilai di atas standar. Prediksi itu tidak terlepas dari pola PPGDJ yang menerapkan pembelajar­an intensif kepada guru.

Mamik menambahka­n, biaya selama pendidikan akan disubsidi pemerintah. Khususnya biaya SPP yang mencapai Rp 7,5 juta. Sementara itu, biaya hidup dan transporta­si dibebankan kepada peserta PPGDJ.

Hingga sekarang, jadwal pelaksanaa­n PPGDJ belum diketahui pasti. Sebab, semuanya mengacu pada keputusan pusat. ”Yang pasti, pemberkasa­n terakhir bagi guru yang mengikuti PPGDJ pada 2 Februari mendatang,” jelasnya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia