Jawa Pos

Bugar Plus Jalin Relasi dengan Bermain Golf

-

SURABAYA – Golf menjadi olahraga yang banyak digandrung­i. Tidak hanya memburu kebugaran jasmani, para penghobi golf juga bisa menjalin relasi baru.

Tidak aneh jika kegiatan tersebut menjadi salah satu agenda wajib para ekspatriat yang tinggal di wilayah Surabaya Barat.

Gerimis saat siang tidak mengurungk­an niat para penghobi golf yang tengah bermain di Ciputra Golf. ”Kalau hujannya deras dan angin, biasanya dari kami yang tarik (imbauan untuk mengakhiri permainan),’’ ujar PR Ciputra Golf Rita Ardianti kemarin (26/1).

Siang itu banyak kaum ekspatriat yang berolahrag­a. Biasanya, mereka mulai pukul 10.00 hingga sore. Ritme tersebut berbeda dengan para warga yang tinggal di sekitar lapangan. ’’Biasanya, kalau warga sini suka main pagi jam 6. Sebelum mereka ke kantor atau bekerja,’’ tambahnya.

Rata-rata ada 100 pemain yang datang setiap hari. Jumlahnya bisa meningkat 100 persen saat akhir pekan. Dari total pemain yang datang, 15 persennya merupakan ekspatriat. Salah seorang warga India, Kurian, tampak ramah menyapa para pemain golf yang lain.

Siang itu Kurian bermain sendiri. Didampingi seorang caddy, pria yang menjalani bisnis di bidang kayu tersebut bersemanga­t menyelesai­kan permainan. Total ada 27 hole yang terbagi dalam tiga atmosfer. Yakni, lembah, danau, dan bukit. Kurian memilih menuntaska­n sembilan hole.

’’Biar pun begini (tampak tua), saya masih bisa bermain. Saya bermain di setiap negara yang saya kunjungi,’’ ucapnya dengan bahasa Inggris. Setidaknya dia pernah tinggal di lebih dari 10 negara. Kurian pernah tinggal di Selandia Baru, Australia, Korea, Hongkong, Thailand, dan Prancis.

Penampilan pria yang sudah 10 tahun tinggal di Surabaya tersebut juga khas. Dia tidak pernah lupa mengenakan topi koboi krem andalannya. ’’Saya tidak akan memberi tahu umur. Coba tebak berapa umurku. Saya ini masih 19 tahun,’’ ucapnya setelah melakukan satu stroke (pukulan) pada hole ke-7.

Bagi dia, bermain golf menjadi hobi yang juga menguntung­kan. Golf bisa mendukung proses adaptasi di lingkungan yang baru.

 ?? GHOFUUR EKA/JAWA POS ?? EKSKLUSIF: Suasana di Ciputra Golf kemarin. Biasanya, penghobi golf mulai bermain dari pagi. Tiap akhir pekan jumlah pengguna lapangan golf meningkat.
GHOFUUR EKA/JAWA POS EKSKLUSIF: Suasana di Ciputra Golf kemarin. Biasanya, penghobi golf mulai bermain dari pagi. Tiap akhir pekan jumlah pengguna lapangan golf meningkat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia