Jawa Pos

Dapat Tambahan 10 Ribu Blangko E-KTP

-

GRESIK – Siapa yang merasa belum punya e-KTP? Dinas Kependuduk­an dan Catatan Sipil (Dispendukc­apil) Gresik baru dapat tambahan blangko e-KTP dari Kemendagri kemarin (26/1). Jumlahnya 10 ribu keping. Tambahan tersebut bisa memenuhi kebutuhan cetak e-KTP sampai beberapa hari mendatang.

’’Kami prediksi tidak sampai lama. Permintaan cetak sudah banyak,’’ kata Kepala Dispendukc­apil Soemarno kemarin.

Dispendukc­apil melayani ratarata 900 lembar per hari. Artinya, stok blangko 10 ribu hanya bertahan hingga 11 hari mendatang. ’’Padahal, kami juga pernah mencetak sampai seribu lembar sehari,’’ tutur Soemarno.

Kemarin antusiasme masyarakat dalam pengurusan kartu kependuduk­an itu begitu tinggi. Hingga pukul 14.30, antrean masih menumpuk. Biasanya, warga antre sejak kantor pelayanan buka pukul 07.30.

Soemarno minta pengurusan e-KTP wajib dilakukan yang bersangkut­an. Tidak bisa diwakilkan. Meskipun kerabatnya. Kebijakan itu berlaku untuk menghindar­i percaloan. ’’Kami menutup rapat-rapat celah calo,’’ tegasnya.

Di bagian lain, warga yang belum mengantong­i e-KTP mulai berkurang. Jumlah warga yang wajib memiliki e-KTP di Gresik mencapai total 986.817 orang. Warga yang sudah mengikuti perekaman tercatat 911.209 jiwa. E-KTP yang sudah tercetak sekitar 765 ribu. Dispendukc­apil mempercepa­t perekaman dengan cara jemput bola. Termasuk ke desa-desa dan SMA/SMK.

Kabid Pelayanan Pendaftara­n Penduduk Siti Muklisyati­n menambahka­n, dispendukc­apil berkomitme­n mempercepa­t pencetakan e-KTP. ’’Caranya harus ngurus sendiri. Tidak boleh diwakilkan,’’ paparnya.

 ??  ??
 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? SUDAH JADI: Petugas Dispendukc­apil Gresik Choirun Nisa menunjukka­n e-KTP baru di ruang pencetakan kemarin.
UMAR WIRAHADI/JAWA POS SUDAH JADI: Petugas Dispendukc­apil Gresik Choirun Nisa menunjukka­n e-KTP baru di ruang pencetakan kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia