Jawa Pos

Suling Air dan Saling Berbagi

-

SAAT Gubernur Helen Zille fokus pada penghemata­n air, sebagian kalangan memikirkan cara lain untuk menghindar­i day zero. Ya, menghindar­i. Bukan menghadapi day zero seperti yang diajarkan Zille. Mereka berusaha mencukupi kebutuhan air bersih masyarakat dengan mencari sumber lain.

Salah satu yang digagas adalah desalinasi atau menyuling air laut menjadi air tawar. Setidaknya, itu yang diyakini Magda Wierzycka. Rabu (24/1) dia mengkritik Ketua Partai Aliansi Demokratik (Democratic Alliance alias DA) Mmusi Maimane yang menyatakan bahwa desalinasi adalah solusi yang tidak mungkin. Sebab, biayanya terlalu mahal.

”Tolong berhentila­h berbohong,” cuit Wierzycka kepada Maimane sebagaiman­a dilansir Times Live. Pebisnis itu menyatakan bahwa pemerintah pasti mampu membiayai desalinasi jika seluruh pejabatnya jujur.

Sementara itu, perdebatan Wierzycka dan Maimane membuat jagat Twitter panas, Helen Zille mengajak sang pebisnis berdebat terbuka tentang krisis air di Cape Town. Itu setelah Wierzycka minta penjelasan dari pemerintah soal day zero dan kebijakan yang bikin masyarakat panik. ”Akan lebih baik jika semuanya kita paparkan secara terbuka agar publik mendapatka­n jawaban,” cuit Zille.

Kemarin (27/1) The Telegraph menuliskan bahwa desalinasi bukan hanya mahal dan butuh proses lama. Tapi, di Cape Town, desalinasi juga tidak akan bisa mencukupi kebutuhan masyarakat terhadap air bersih.

Sebab, air hasil desalinasi tetap tidak akan bisa dikonsumsi. ”Seluruh saluran air di Cape Town bermuara ke laut. Maka, hasil sulingan air laut tidak bisa diminum. Tidak layak,” kata seorang pejabat Cape Town.

Sementara itu, World Wild Life (WWF) mengimbau pemerintah Afsel untuk menerapkan kebijakan berbagi air. ”Setiap rumah tangga yang kelebihan air harus rela berbagi dengan sesama yang membutuhka­n,” terang WWF seperti dilansir situs ENCA.

 ?? AP PHOTO ?? DANAU MENGERING: Waduk Theewaters­kloof di sekitar daerah Grabouw, Cape Town, dipotret pada Selasa (23/1). Ketinggian air di waduk tersebut terus menyusut menyusul kekeringan yang melanda kawasan itu.
AP PHOTO DANAU MENGERING: Waduk Theewaters­kloof di sekitar daerah Grabouw, Cape Town, dipotret pada Selasa (23/1). Ketinggian air di waduk tersebut terus menyusut menyusul kekeringan yang melanda kawasan itu.
 ?? AP PHOTO ?? ANTRE JATAH: Warga membawa peranti penampung air dan mengantre di pancuran sumber air di Cape Town, Sabtu (20/1).
AP PHOTO ANTRE JATAH: Warga membawa peranti penampung air dan mengantre di pancuran sumber air di Cape Town, Sabtu (20/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia