Jawa Pos

Gowes dari Delapan Penjuru Mata Angin

-

KECINTAAN Mayor Jenderal Arif Rahman terhadap

cycling memang luar biasa. Dia pun terus berusaha menularkan hobi itu kepada pasukannya. Salah satu buktinya tersaji pada Hari Jadi Ke-69 Kodam V/Brawijaya Minggu (14/1).

Sebanyak 4.000 cyclist dari kalangan TNI dan komunitas

cycling melakukan gowes menuju Trowulan, Mojokerto. Tak tanggung-tanggung, para cyclist berasal dari delapan titik start. Yakni Surabaya, Sidoarjo, Tuban, Lamongan, Jombang, Nganjuk, Kediri, dan Malang.

Surabaya mengirim peserta terbanyak. Total ada 1.200

cyclist yang berangkat dari Makodam V/Brawijaya. Termasuk pangdam. ’’Dengan bersepeda, TNI ingin mendekatka­n diri dengan warga,’’ ujar Arif setelah gowes.

Finis yang dipusatkan di Trowulan juga memiliki makna cukup dalam. Menurut dia, Trowulan menyimpan sejarah kejayaan Nusantara melalui Kerajaan Majapahit. Sementara itu, jumlah kota sebagai titik start melambangk­an delapan arah mata angin.

Delapan arah mata angin dipercaya sebagai lambang kebesaran Majapahit. Karena itu, berkumpuln­ya seluruh pasukan di Trowulan diharapkan bisa memberikan inspirasi untuk tetap menjaga keutuhan Indonesia. ’’Kami juga ingin belajar banyak dari sejarah kebesaran Majapahit,’’ tambahnya.

Karena itu, Arif tampak bersemanga­t kala melakukan gowes Surabaya–Trowulan. Jarak yang ’’hanya’’ 72 kilometer tentu bukan masalah bagi pria 51 tahun itu.

 ?? GALIH COKRO/JAWA POS ?? MERIAH: Kurang lebih 4.000 cyclist dari delapan daerah di Jawa Timur gowes ke Trowulan, Mojokerto, dalam rangka Hari Jadi Ke-69 Kodam V/Brawijaya Minggu (14/1). Surabaya mengirim peserta terbanyak sekitar 1.200 cyclist.
GALIH COKRO/JAWA POS MERIAH: Kurang lebih 4.000 cyclist dari delapan daerah di Jawa Timur gowes ke Trowulan, Mojokerto, dalam rangka Hari Jadi Ke-69 Kodam V/Brawijaya Minggu (14/1). Surabaya mengirim peserta terbanyak sekitar 1.200 cyclist.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia