Jawa Pos

Tingkatkan Kerja Sama Dagang

Jokowi Bahas Palestina ketika Bertemu PM Pakistan

-

ISLAMABAD – Konflik Palestina dibahas dalam pertemuan Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan Perdana Menteri (PM) Pakistan Shahid Khaqan Abbasi. Jokowi berharap, berkunjung ke negara mana pun, PM Abbasi bisa membawa isu kemerdekaa­n Palestina agar terus didukung demi kemanusiaa­n dan keadilan.

Jokowi menuturkan, Indonesia dan Pakistan adalah negara yang menjadi inisiator Konferensi Asia-Afrika (KAA). Kedua negara juga konsisten membantu perjuangan rakyat Palestina di berbagai forum. ”Saya yakin, kesamaan visi ini dapat dikembangk­an menjadi kerja sama di berbagai bidang,” ucap Jokowi dalam pertemuan bilateral dengan PM Abbasi di Islamabad kemarin (27/1).

Selain isu kemerdekaa­n Palestina, dibahas pula kerja sama ekonomi dan hubungan antarmasya­rakat. Nilai total perdaganga­n Indonesia-Palestina setelah implementa­si preferenti­al trade agreement (PTA) meningkat signifikan sejak 2013. Pada 2016, nilainya mencapai USD 2,1 miliar atau tumbuh 8,9 persen per tahun.

Di sektor perdaganga­n, Jokowi menyambut baik penandatan­ganan nota kesepahama­n dalam promosi dagang bersama. Di bidang investasi, ada pembentuka­n joint venture penyimpana­n dan pengolahan minyak kelapa sawit di Port of Qasim, Karachi. ”Kerja sama ini akan dapat menjadikan Pakistan sentra perdaganga­n kelapa sawit dan olahannya di kawasan Asia Selatan dan Tengah,” ucap Jokowi.

Selain itu, ada penandatan­ganan intergover­nmental agreement oleh menteri energi kedua negara. Indonesia akan mengekspor LNG ke Pakistan selama 10 tahun dengan opsi tambahan 5 tahun. Per tahun LNG yang diekspor sebesar 1,5 juta ton.

Selain itu, dalam pertemuan bisnis pada Jumat (26/1), diperoleh nilai transaksi USD 115 juta dari peningkata­n perdaganga­n di bidang kelapa sawit, batu bara, kakao, kopi, teh, dan lainlain.

 ?? RUSMAN/BIRO PERS SETPRES ?? BILATERAL: Jokowi menjajal kokpit pesawat tempur JF-17 di Pangkalan Udara Nur Khan, Islamabad, Pakistan, kemarin.
RUSMAN/BIRO PERS SETPRES BILATERAL: Jokowi menjajal kokpit pesawat tempur JF-17 di Pangkalan Udara Nur Khan, Islamabad, Pakistan, kemarin.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia