Jawa Pos

Menanti Andil Si Penyihir Kecil

-

BARCELONA – Phillipe Coutinho melakoni debut Jumat lalu (26/1). Dia masuk menggantik­an Andres Iniesta pada menit ke-68 saat Barcelona menaklukka­n Espanyol di Copa del Rey. Nah, Coutinho punya kans untuk membuat debut di La Liga melawan Alaves dini hari nanti.

Selain bagian dari rotasi, keputusan memainkan Coutinho bertujuan memperbany­ak minute play gelandang 25 tahun itu. Maklum, kesempatan bermain Coutinho memang hanya di pentas La Liga dan Copa del Rey.

Sementara itu, di Liga Champions musim ini dia tidak bisa lagi tampil karena sudah pernah bermain bersama Liverpool. ’’Kami memiliki harapan yang besar bersama Coutinho,’’ ucap Valverde kepada Mundo Deportivo. ’’Dia memiliki kepercayaa­n diri yang tinggi. Dia pemain skillfull yang sangat bagus dalam situasi satu lawan satu. Dia mengingink­an performa lebih baik pada laga melawan Alaves,’’ lanjut pelatih 53 tahun itu.

Lalu, di posisi mana Coutinho akan dimainkan? Si Penyihir Kecil –julukan Coutinho– selama ini kerap bermain sebagai winger dalam formasi 4-3-3. Permasalah­annya, sejak ditangani Valverde, formasi Barca beralih dari 4-3-3 ke 4-4-2. Menggantik­an Iniesta? Untuk jangka pendek, bisa jadi. Namun, untuk sepanjang musim tampaknya mustahil.

Bila Valverde bergeming memakai 4-4-2, sangat mungkin Coutinho ditempatka­n sebagai gelandang kanan dengan Iniesta di sisi kiri. Tetapi, bukan tidak mungkin formasi tersebut berubah menjadi 4-3-3 di tengah laga dengan Coutinho didorong dan menjadi trisula bersama Lionel Messi dan Luis Suarez.

Bahkan, Messi bersedia bila harus menjadi korban rotasi Valverde. ’’Valverde? Konsep yang dia inginkan sudah jelas sejak awal, dia mengatakan apa yang dia inginkan dan kami menyesuaik­annya,’’ papar Messi kepada Football Espana. ’’Kami menjadi lebih tangguh saat bertahan. Di lini depan, kami memiliki beberapa pemain kelas dunia yang bisa mengubah jalannya pertanding­an,’’ lanjutnya.

Lawan Terjal di Semifinal Lawan berat sudah menanti Barcelona di semifinal Copa del Rey. Barca sudah ditunggu Valencia di semifinal. Sebagaiman­a diketahui, Valencia adalah salah satu rival Barca musim ini di La Liga.

Sementara itu, satu laga semifinal yang lain mempertemu­kan Sevilla dengan giant killer Leganes. Leg pertama semifinal digeber 31 Januari dan 1 Februari. Sedangkan leg kedua tanggal 7 dan 8 Februari. Meski demikian, Lionel Messi optimistis timnya bisa mempertaha­nkan trofi Copa del Rey. ’’Sudah saya katakan bahwa target saya bukan penghargaa­n individu, namun menyabet sebanyak mungkin trofi yang tersedia. Tujuan itu sama setiap musim, memenangka­n segalanya,’’ kata Messi kepada Goal.

 ?? LLUIS GENE/AFP PHOTO ??
LLUIS GENE/AFP PHOTO
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia