Jawa Pos

Pantang Main Mata

-

SURABAYA – Hanya juara grup yang lolos langsung ke babak delapan besar Piala Presiden. Karena itu, tidak ada pilihan lain bagi Persebaya Surabaya selain wajib menang saat meladeni Madura United pada laga pemungkas grup C di Stadion Gelora Bung Tomo (GBT) sore ini.

Persebaya mengemas 4 poin. Madura United berada di atas angin dengan mencatatka­n 6 poin. Seri saja sudah cukup untuk mengamanka­n posisi puncak. Bahkan, jika kalah, Madura United masih berpeluang menjadi satu di antara tiga runner-up terbaik yang lolos ke babak delapan besar. Sebaliknya, kalau sampai keok, Persebaya harus menanti nasib sampai babak penyisihan grup kelar.

Pelatih Madura United Gomes menegaskan tidak ingin main mata. Tidak ada kata mengalah. Dia tetap meminta anak asuhnya fight untuk memperoleh kemenangan. ”Saya profesiona­l, jadi tetap menargetka­n kemenangan,’’ kata pelatih asal Brasil itu.

Di sisi lain, pelatih Persebaya Angel Alfredo Vera menginstru­ksi pemainnya untuk tampil habishabis­an. ’’Kami akan main seperti biasanya, menguasai pertanding­an jadi ciri khas Persebaya,’’ ujarnya.

Persebaya menggelar latihan tertutup dalam tiga hari terakhir. Bukan hal yang biasa dilakukan klub berjuluk Green Force itu sebelumnya. Tampaknya, Persebaya benar-benar ingin memaksimal­kan kesempatan untuk menekuk Madura United. Latihan tertutup dimanfaatk­an Alfredo guna mematangka­n strategi.

Pelatih asal Argentina itu menyambut gembira kembalinya Irfan Jaya dan Osvaldo Haay setelah mengikuti pemusatan latihan timnas U-23. Kehadiran dua pemain tersebut menajamkan lini serang Persebaya. Bahkan, Irfan langsung mencetak gol saat melawan Perseru Serui (23/1).

’’Semua pemain sangat siap. Hanya minus Hidayat yang cedera dan Fandi (Eko Utomo, Red) yang belum bisa main,’’ jelas Alfredo.

Kalau Persebaya sangat serius hingga menjalani latihan tertutup, skuad Madura United terlihat lebih enjoy. Kemarin sore Laskar Sape Kerrab –julukan Madura United– menjalani official training di Stadion Gelora 10 November. Fachruddin Ariyanto dkk hanya melakukan latihan ringan dengangame separo lapangan selama dua jam.

Gomes, tampaknya, akan menurunkan formasi baru ketika meladeni Persebaya. Sangat mungkin, Greg Nwokolo tidak menjadi starter. Padahal, dia selalu mencetak gol saat melawan Perseru (dua gol) dan PS Tira (satu gol). Justru, pemain-pemain baru seperti O.K. John, Raphael Maitimo, dan Cristian Gonzales diprediksi turun sejak awal.

Gomes tidak menampik kemungkina­n melakukan rotasi. Bahkan, pemain muda dalam timnya bakal dicoba melawan Persebaya.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia