Jawa Pos

Ada Kejahatan, Tinggal Pencet Tombol

Dishub Pasang Tiang Halo Darurat

-

SURABAYA – Layanan tanggap darurat 112 kini tidak hanya bisa diakses melalui telepon. Saat ini pemkot menyediaka­n tiang halo darurat yang terhubung dengan Command Center 112 (CC112). Diharapkan, warga yang tidak membawa telepon genggam tetap dapat melaporkan peristiwa penjambret­an, kecelakaan, atau bencana yang dialami.

”Ini bentuk keprihatin­an Bu Wali (Tri Rismaharin­i, Red) atas kejahatan di jalanan. Kalau tas dan HP-nya kena jambret, mau lapor ke mana?” ujar Kepala Dinas Perhubunga­n (Dishub) Surabaya Irvan Wahyudraja­d kemarin (27/1). Dishub masih menguji coba dua alat yang diletakkan di middle east ring road (MERR) dan Jalan Dupak itu.

Umumnya, alat tersebut dinamai panic button. Namun, pemkot enggan memakai istilah tersebut dan lebih memilih istilah halo darurat. Alasannya, situasi emergency tidak harus disikapi dengan panik.

Irvan menerangka­n bahwa saat ini ada dua alat yang ditancapka­n di MERR dan Jalan Dupak di dekat pasar loak. Lokasi tersebut dipilih karena sering terjadi tindak kejahatan di jalan itu. Tiang-tiang tersebut bakal disebar di berbagai titik yang dinilai pihak kepolisian rawan terjadi tindak kriminalit­as.

Dia memaparkan, alat itu banyak digunakan pihak perbankan. Menurut dia, keberadaan alat tersebut diharapkan dapat mencegah terjadinya tindak kejahatan. Karena itu, rencananya, penambahan titik disebar di kawasan permukiman. Alat yang dimiliki Surabaya dilengkapi panel surya dan kamera CCTV.

Anggota Komisi C DPRD Surabaya Vinsensius mengapresi­asi upaya pemkot. Dia sepakat apabila titik-titik tiang disebar di seluruh kota. Terutama di wilayah padat penduduk. ”Ini bentuk ajakan pemkot kepada warga untuk berpartisi­pasi melaporkan kejadian darurat,” ujarnya.

Namun, belum banyak yang mengetahui rencana itu. Salah satunya adalah Ahmad Rozalin yang tinggal tidak jauh dari tiang halo darurat di Jalan Dupak. ”Tapi, apa fungsinya saya belum tahu,” tuturnya.

Kabag Humas Pemkot Surabaya M. Fikser menyampaik­an, keberadaan alat tersebut memang belum disosialis­asikan. Rencananya, Wali Kota Tri Rismaharin­i menerangka­n sendiri keberadaan alat tersebut besok (29/1).

 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? FASILITAS BARU: Tiang halo darurat telah terpasang di Jalan Dupak.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS FASILITAS BARU: Tiang halo darurat telah terpasang di Jalan Dupak.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia