Jawa Pos

Benahi Perilaku Pengendara dan Infrastruk­tur Jalan

Punggawa Giri 9 Satlantas Polres Gresik Berupaya Tekan Angka Kecelakaan

-

Angka kecelakaan di Kota Giri meningkat. Pada 2016 Satlantas Polres Gresik menangani 522 kasus. Tahun lalu jumlahnya bertambah menjadi 640 laka.

BERTAMBAHN­YA jumlah kecelakaan itu diiringi dengan meningkatn­ya korban meninggal dunia. Pada 2016 ada 168 korban yang meninggal di jalan. Tahun berikutnya, jumlahnya meningkat menjadi

202 korban. Tingginya angka kecelakaan disebabkan banyak faktor. Berikut wawancara dengan Komandan Punggawa Giri 9 Satlantas Polres Gresik AKP Wikha Ardilestan­to yang berupaya menekan jumlah kecelakaan lalu lintas (laka lantas).

Siapa saja yang tergabung dalam tim Punggawa Giri 9 ini? Semua unit di satuan lalu lintas. Mulai Kasat (kepala satuan), Kaur Bin Ops (KBO), unit registrasi dan identifika­si (regident), unit patroli/rajawali, unit kecelakaan (laka), unit pendidikan masyarakat (dikyasa), hingga bagian administra­si. Jadi, kita bisa lebih mudah berkoordin­asi.

Ada berapa anggota yang fokus menangani kasus kecelakaan?

Ada 11 anggota yang terbagi menjadi tiga regu. Tapi, penanganan awal dibantu oleh polsek jajaran. Ketika ada kejadian, anggota dari satlantas paling dominan dalam hal penyidikan.

Jumlah personel terbatas, sedangkan angka kecelakaan terus meningkat. Bagaimana solusinya?

Yang bertanggun­g jawab terhadap kasus kecelakaan bukan hanya satlantas. Semua orang harus turut serta. Meski demikian, kita sudah mengajukan penambahan personel untuk menekan angka kecelakaan.

Apa yang menjadi faktor dominan penyebab kecelakaan di Gresik?

Banyak hal penyebab kecelakaan. Tapi, yang paling sering terjadi adalah faktor human error atau pengendara dan infrastruk­tur jalan. Dua hal itu perlu dibenahi. Untuk membenahi human error, tentu perlu edukasi kepada masyarakat. Khususnya terkait keamanan berkendara. Nah, faktor infrastruk­tur membutuhka­n koordinasi lintas instansi. Dalam hal ini, dinas pekerjaan umum (PU).

Wilayah mana saja yang termasuk dalam kategori rawan kecelakaan?

Ada lima wilayah yang berada di bawah pantauan polsek jajaran. Yakni, Menganti, Driyorejo, Kebomas, Duduksampe­yan, dan Manyar. Karena itu, unit lantas baru ada di lima polsek tersebut.

Langkah antisipasi seperti apa yang sudah disiapkan untuk menekan angka kecelakaan?

Kami sudah mempersiap­kan ESQ (emotional and spiritual quotient) riding. Selain keterampil­an, faktor psikologis berpengaru­h terhadap keselamata­n berkendara. Misalnya, berkendara dalam keadaan emosional. Itu bisa meningkatk­an risiko kecelakaan.

Apa program lain yang sudah dibuat untuk menekan angka kecelakaan?

Kami membuat inovasi edukasi melalui permainan. Sasaran sementara adalah pemohon surat izin mengemudi (SIM) dan pelajar. Permainan tersebut dijalankan melalui aplikasi. Selain itu, ada program coaching clinic bagi masyarakat yang ingin berlatih untuk mengikuti ujian praktik SIM.

 ?? ADI WIJAYA/JAWA POS ?? TEKAN KECELAKAAN: AKP Wikha (tengah) menjelaska­n program untuk menekan angka kecelakaan kepada anggota Punggawa Giri 9 Satlantas Polres Gresik kemarin.
ADI WIJAYA/JAWA POS TEKAN KECELAKAAN: AKP Wikha (tengah) menjelaska­n program untuk menekan angka kecelakaan kepada anggota Punggawa Giri 9 Satlantas Polres Gresik kemarin.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia