Jawa Pos

Tampilkan Semua Kreativita­s Siswa

-

SURABAYA – Perayaan siswa SMP Unesa 1 Surabaya tahun ini dikemas berbeda. Siswa sekolah yang berlokasi di Jalan Kawung Nomor 9, Kemayoran, Krembangan, itu menampilka­n seluruh kreativita­snya.

Dalam acara yang diselengga­rakan di halaman sekolah kemarin (27/1), beragam kreativita­s siswa ditampilka­n. Mulai menyanyi, menari, sampai bermain musik patrol. ”Kami sedang merayakan ulang tahun ke-20 sekolah. Saya ingin anak-anak menunjukka­n kreativita­snya,’’ kata Kepala SMP 1 Unesa Ida Ambarwati.

Yang paling memukau adalah pertunjuka­n pencak silat Joko Tole. Atraksi yang diperagaka­n 16 siswa itu membuat penonton tegang. Sebab, atraksi tersebut menunjukka­n kemampuan fisik siswa. Misalnya, melecutkan cambuk, menampilka­n pertunjuka­n golok, hingga memecah bata. Penonton mengernyit­kan dahi saat gerakan berbahaya muncul.

Menurut Ambar, memberi siswa panggung untuk berkreasi juga menjadi tanggung jawab sekolah sebagai lembaga pendidik. Karena itulah, sekolah yang berada di bawah naungan Labschool Unesa tersebut sengaja mengajak anak didiknya unjuk kebolehan.

”Tentu akademik harus dijaga agar tetap baik. Tapi, potensi setiap anak berbeda. Kalau tak diberi kesempatan, bakat mereka akan sia-sia,’’ ungkapnya.

Ambar mengakui, bakat yang ditunjukka­n masih mentah. Banyak siswa yang mengeluark­an suara fals saat bernyanyi. Ada juga penari yang masih melirik temannya sepanjang pertunjuka­n. Namun, kata Ambar, hal tersebut nanti juga melatih mental dan kepribadia­n siswa agar lebih berani tampil di depan umum.

 ?? BILLY/JAWA POS ?? BERANI : Siswa SMP Unesa 1 menunjukka­n kemampuan menari saat peringatan ulang tahun sekolah yang ke-20.
BILLY/JAWA POS BERANI : Siswa SMP Unesa 1 menunjukka­n kemampuan menari saat peringatan ulang tahun sekolah yang ke-20.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia