Jawa Pos

Realisasik­an, Jangan Berwacana

Target PAD Retribusi Pasar

-

SIDOARJO – Proyeksi pendapatan asli daerah (PAD) dari retribusi pasar tahun ini telah dipatok di angka Rp 12,6 miliar. Dinas perindustr­ian dan perdaganga­n (disperinda­g) menyebutka­n, proyeksi itu bisa lebih besar lagi. Komisi B DPRD Sidoarjo pun mendesak disperinda­g untuk merealisas­ikan hitung-hitungan yang telah dibuat sendiri.

’’Kalau memang lebih besar, ya realisasik­an. Jangan hanya berwacana,’’ ujar anggota Komisi B DPRD Sidoarjo Sudjalil. Jika potensi tersebut bisa direalisas­ikan, tentu bagus untuk pembiayaan pembanguna­n. PAD tersebut akan dimanfaatk­an untuk kepentinga­n masyarakat. ’’Sekali lagi, jangan hanya berwacana. Tapi, optimalkan potensi tersebut,’’ tuturnya.

Sebelumnya, Kepala Diperindag Sidoarjo Fenny Apridawati menyatakan, potensi pendapatan dari retribusi pasar belum tergarap optimal. Bahkan, dari perhitunga­n disperinda­g, potensi pendapatan dari sektor tersebut lebih dari Rp 15 miliar.

Menurut Fenny, pihaknya membentuk satgas pasar. Tugasnya mengawasi penggunaan stan pasar. Solusi lainnya memperbaik­i fasilitas pasar.

Anggota komisi B, Khulaim Junaidi mengatakan, satgas pasar yang disebutkan hanya diwujudkan. Di sisi lain, disperinda­g juga harus mampu ’’menggiring’’ masuk para pedagang ke pasar permanen. Misalnya, memindahka­n para pedagang di pasar krempyeng ke Pasar Wonoayu yang baru selesai direnovasi. ’’Pasar yang baru direnovasi jangan dibiarkan kosong,’’ jelasnya.

 ??  ??
 ?? HANUNG HAMBARA/JAWA POS ?? AKAN DIREVITALI­SASI: Jamii menuntun motornya melewati deretan toko di Pasar Buduran.
HANUNG HAMBARA/JAWA POS AKAN DIREVITALI­SASI: Jamii menuntun motornya melewati deretan toko di Pasar Buduran.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia