Jawa Pos

Judul Palsu dari Berita Asli

-

ANDA perlu hati-hati ketika menemukan postingan akun Instagram Sumbewaras. Sebab, beberapa konten yang diunggah akun itu terbukti memanipula­si screenshot judul berita di portal-portal mainstream.

Misalnya, unggahan screenshot berita dengan foto Presiden Ke-6 RI Susilo Bambang Yudhoyono. Di screenshot itu tertulis judul berita, ”SBY Tampak 20 Tahun Lebih Tua, Setelah Namanya Sering Disebut dalam Kasus e-KTP”. Screenshot tersebut menunjukka­n logo portal berita Tribunnews.

Setelah ditelusuri, ternyata tidak ada judul berita seperti itu di situs Tribunnews. Screenshot tersebut ternyata hasil editan dari berita berjudul, ”Nama SBY Disebut dalam Sidang e-KTP, Dua Politisi Demokrat Bungkam”. Berita itu diunggah pada Kamis, 25 Januari 2018. Hingga kemarin, posting-an hasil manipulasi yang dilakukan akun Sumbewaras terkait SBY itu sudah di-like 481 pengguna Instagram.

Tak hanya itu, akun Sumbewaras juga mem-posting screenshot editan soal Wakil Gubernur DKI Jakarta Sandiaga Uno. Kali ini mereka mendapat bahannya dari situs berita Kumparan. Pada 26 Januari 2018 Kumparan

mengunggah berita berjudul, ”Sandi: Penarik Becak Akan Dilatih Cara Genjot yang Bagus”. Oleh akun Instagram

Sumbewaras diedit menjadi, ”Sandi: Penarik Becak Akan Dilatih Cara Ngenyot yang Bagus”.

Akun Sumbewaras tidak mengklaim apa yang di-postingnya sebuah editan. Atau sebuah parodi. Dengan demikian, posting-an-posting-an akun itu rentan dianggap sebuah kebenaran oleh beberapa netizen. Lebih-lebih netizen yang malas browsing untuk mencari kebenaran dari sebuah informasi yang meragukan. Jadi, jangan mudah percaya apa yang di-posting Sumbewaras, ya. Anggap saja akun itu memang kurang waras.

 ??  ??
 ?? CHIS/JAWA POS ??
CHIS/JAWA POS
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia