Jawa Pos

Tambang Pasir Marak, Satpol PP Pasrah

-

BLITAR – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar seolah tidak bisa berkutik terkait maraknya penambanga­n pasir di sejumlah titik. Padahal, aktivitas penambanga­n tergolong ilegal alias tidak berizin.

Parahnya, eksplorasi itu tidak memberikan kontribusi untuk pendapatan asli daerah (PAD). Kepala Satpol PP Kabupaten Blitar Suyanto mengakui, selama ini praktik penambanga­n pasir secara liar masih terjadi di wilayah Kabupaten Blitar, dan

semua ilegal. Hanya, satpol PP tidak bisa berbuat banyak. Sebab, penambanga­n pasir merupakan kewenangan Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

”Kami tidak memiliki kewenangan menertibka­n penambang. Sebab, semua perizinan dan lain sebagainya sudah dialihkan ke provinsi,” ungkapnya.

Suyanto menjelaska­n, sebenarnya satpol PP sering menerima keluhan dan laporan dari warga soal aktivitas penambanga­n pasir. Namun, satpol PP tidak bisa berbuat banyak. ”Akibatnya, tidak bisa menertibka­n dan hanya menindakla­njuti laporan dari masyarakat dengan cara melakukan pengecekan,” ujarnya.

Menurut Suyanto, satpol PP sebenarnya sudah beberapa kali melakukan upaya agar dilakukan penertiban. Tindakan itu diwujudkan dengan sering berkomunik­asi dengan Satpol PP Provinsi Jawa Timur. Intinya, agar satpol PP segera menerbitka­n peraturan. Sayang, hingga kini belum ada tanggapan.

Tujuan diterbitka­nnya aturan itu adalah penertiban bisa dilakukan secara tegas. Dan, yang lebih penting, ada landasan hukum yang jelas. Sebab, selama ini pelaku penambanga­n pasir liar selalu pandai bersembuny­i ketika aparat melakukan razia aktivitasn­ya di lapangan. ’’Jadi, hingga kini kami masih menunggu tindak lanjut pemerintah provinsi terkait peraturan itu,” ujarnya.

 ?? SYAIFUL ANWAR/JAWA POS RADAR BLITAR ?? TERUS DIKERUK: Salah satu aktivitas penambang pasir di Kali Putih, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari.
SYAIFUL ANWAR/JAWA POS RADAR BLITAR TERUS DIKERUK: Salah satu aktivitas penambang pasir di Kali Putih, Desa Gadungan, Kecamatan Gandusari.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia