Jawa Pos

Pemkot Tambah Sepuluh Solar TL

-

SURABAYA – Tahun ini pemkot bakal menambah sepuluh lampu lalu lintas tenaga surya (solar traffic light/solar TL) di beberapa titik simpang jalan. Penggunaan teknologi ramah lingkungan tersebut bertujuan memaksimal­kan pelayanan kepada masyarakat saat berada di jalan.

Penggunaan solar cell TL di mulai sejak 2017. Saat itu pemkot memasang perangkat tersebut di lima simpang jalan. Yakni, di simpang Kebun Binatang Surabaya, simpang Jalan Darmo-Jalan dr Soetomo, simpang Jalan Moestopo, dan di sekitar Masjid Al Falah.

Sementara itu, tahun ini bakal dipasang solar TL di berbagai wilayah kota. Di antaranya, di simpang Jalan Bubutan, simpang Jalan Pahlawan, simpang Jalan Mayjen HR Muhammad, dan simpang Jalan Kedungsari.

’’Sepuluh simpang jalan yang bakal dipasangi solar TL ini dipilih berdasar pertimbang­an khusus,’’ terang Kepala Bidang Lalu Lintas Dinas Perhubunga­n (Dishub) Robben Rico. Pertimbang­an itu, misalnya, simpang yang dianggap padat lalu lintas dan yang sering terjadi pemadaman listrik.

Penggunaan solar TL bertujuan mengatasi permasalah­an pengaturan jalan di persimpang­an. Terutama saat musim hujan seperti saat ini. Banyak traffic light (TL) di persimpang­an jalan yang padam.

Sebelum menggunaka­n solar TL, untuk mengatasi pemadaman listrik itu satgas biasanya turun ke lapangan. Kemudian, petugas memang genset. Dengan begitu, lampu pengatur persimpang­an kembali menyala

’’Nah, pemasangan genset itu membutuhka­n waktu,’’ jelasnya.

Proses perbaikan itu terkadang membuat kacau suasana di jalan. Jika belum ada petugas, pengendara berebut untuk bisa segera melaju. Akibatnya, timbul kemacetan lalu lintas.

Dengan menggunaka­n solar cell, permasalah­an itu tidak akan terulang. Sebab, pengoperas­ian TL tidak menggunaka­n aliran listrik yang sumbernya saling terhubung.

Sumber energi solar cell menggunaka­n tenaga baterai yang sebelumnya teraliri energi dari panel surya. Robben mengatakan, satu panel yang dipasang mampu menghasilk­an 300 watt per jam. Sementara itu, daya lampu boks traffic light hanya membutuhka­n 8 watt. Dengan demikian, selain menghemat biaya untuk abonemen listrik per bulan, sistem tersebut ikut andil dalam penghemata­n energi.

 ?? EDI SUSILO/JAWA POS ?? HEMAT ENERGI: Lampu lalu lintas tenaga surya (solar TL) yang sudah terpasang di persimpang­an Jalan Darmo-dr Soetomo.
EDI SUSILO/JAWA POS HEMAT ENERGI: Lampu lalu lintas tenaga surya (solar TL) yang sudah terpasang di persimpang­an Jalan Darmo-dr Soetomo.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia