Jawa Pos

Jumatan, Masih Banyak Warkop Buka

-

GRESIK – Kebijakan Kades Suci Khoirul Dholam dan Camat Manyar Abdul Hakam belum benar-benar efektif. Larangan buka warung kopi (warkop) saat salat Jumat masih dicueki sebagian pemilik warkop.

Jumat (26/1) warga Desa Suci melangkah beriringan menuju masjid setempat. Jamaah melewati Jalan KH Syafi’i, Suci. Langkah mereka tergesa-gesa. Azan pertama sudah berkumanda­ng. Khatib segera naik mimbar untuk khotbah.

Di tengah suasana Jumatan, ternyata masih banyak warkop yang tetap buka. Pengunjung­nya tetap nongkrong. Mereka asyik mengobrol. Sambil menyeruput kopi, mereka bermain gadget. ”Baru pulang kerja. Ngopi dulu,” kata Anam, seorang pengunjung warkop. Anam dan dua rekannya bekerja di kawasan Maspion, Manyar.

Pemandanga­n serupa terlihat di sejumlah warkop. Di antaranya, kawasan Penganden, Suci, Sukomulyo, dan Yosowilang­on. Padahal, ada edaran dari kecamatan tentang imbauan agar mereka menutup warkop sementara pada Jumat siang. Yakni, pukul 11.00–13.00.

Camat Abdul Hakam ternyata sedang umrah. Perannya digantikan sementara oleh Sekretaris Camat Heru Budi Setiawan. Kepada Jawa Pos, dia mengakui bahwa SE tersebut belum bisa dijalankan sepenuhnya. ’’Memang, masih banyak (warkop, Red) yang buka,” katanya. Saat ini belum ada tindak lanjut. Misalnya, inspeksi mendadak bersama satpol PP. ”Ada rencana itu (sidak). Kami masih berkoordin­asi,” imbuhnya.

Kades Khoirul Dholam juga mengaku belum bisa berbuat banyak. Masih banyak warkop yang buka di wilayahnya pas Jumatan. Dia menyatakan akan menerjunka­n petugas khusus untuk mengecek ke lapangan. ”Personelny­a sedang disusun,” ujarnya.

Di sisi lain, DPRD Gresik meminta desa atau kecamatan proaktif. Tidak hanya menyebarka­n surat edaran. Pemerintah juga perlu mengumpulk­an para pemilik warkop untuk sosialisas­i. ”Sebagian besar penjaga warkop bukan pemilik. Mereka hanya pekerja,” ungkap Ketua Komisi IV DPRD Gresik Khoirul Huda.

 ?? UMAR WIRAHADI/JAWA POS ?? SEPERTI BIASA: Suasana Jalan KH Syafi’i, Suci, saat salat Jumat (26/1).
UMAR WIRAHADI/JAWA POS SEPERTI BIASA: Suasana Jalan KH Syafi’i, Suci, saat salat Jumat (26/1).

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia