Jawa Pos

Adu Skill Chef Olah Daging

-

SURABAYA – Adu skill para juru masak menarik perhatian pengunjung Galaxy Mall kemarin (28/1). Berlangsun­g selama dua jam, 20 kelompok bertanding mengolah makanan berbahan dasar daging sapi. Masing-masing kelompok dibebaskan untuk membuat berbagai olahan dengan bahan tersebut.

Celine Laurence dan Vera Handayani memilih untuk membuat wagyu steak dan beef tartare. Meski memiliki komposisi sama, dua makanan itu disajikan dalam bentuk yang berbeda. Wagyu steak dimasak matang, sedangkan beef tartare mentah. ”Ini sebenarnya kami sedikit khawatir. Soalnya, nggak semua orang Indonesia suka makanan mentah,” ujar Celine.

Siswa Ottimmo Internatio­nal Master Gourmet Academy itu mengombina­sikan dengan bahan-bahan yang membuat daging mentah terasa enak. Salah satunya adalah saus lemon. Selain itu, penyajian makanan dengan menggunaka­n dry ice bisa membantu mempertaha­nkan suhu untuk tetap berada di zona aman.

Menurut Chef Ken, salah seorang juri, tidak mudah bisa menyajikan makanan mentah sebagai hidangan. ”Penanganan­nya harus 100 persen sempurna. Tidak boleh berada di luar lebih dari empat jam,” ujar pria bernama Asli Ken Kurniawan Sutanto itu.

Dia menambahka­n, dalam kompetisi tersebut, beberapa peserta masih melakukan kesalahan dalam pengolahan daging. Karena itu, masakan berbau perengus. ”Sebenarnya, untuk menghilang­kan bau ini, bisa digunakan teknik pengasapan atau flambe. Seperti yang dilakukan beberapa peserta,” katanya.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia