Jawa Pos

Hari Ini IGD Baru RSUD Diresmikan

-

SIDOARJO – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Sidoarjo bakal memiliki gedung instalasi gawat darurat (IGD) baru. Proyek gedung yang dibangun tahun lalu itu telah tuntas. Hari ini (29/1) rencananya gedung baru itu diresmikan Bupati Saiful Ilah.

Gedung IGD anyar tersebut cukup mencolok. Menjulang dengan warna dominan biru. Di gedung itu, semua fasilitas dan pelayanan sesuai dengan standar yang telah ditetapkan dalam akreditasi nasional.

Dana pembanguna­n berasal dari APBN dalam bentuk dana alokasi khusus (DAK). Jumlahnya mencapai Rp 40 miliar khusus untuk bangunan saja. Ditambah Rp 32 miliar yang diperuntuk­kan alat kesehatan (alkes) pendukung.

Dirut RSUD Sidoarjo dr Atok Irawan SpP menuturkan, dengan peresmian IGD baru tersebut, RSUD mampu menampung rujukan rumah sakit regional. Sebab, IGD yang dibangun pada 2004 sudah tidak memadai lagi. Baik dari sarana maupun prasarana.

Dia menjelaska­n, lantai 1 IGD berfungsi untuk ruang penanganan pasien darurat. Lantai 2 merupakan ruang komando public safety center (PSC) dan pusat penanganan MNE. Di lantai 3 ada ruang pemulihan pascaopera­si. Termasuk ruang pusat penanganan luka bakar serta ruang high care unit (HCU) untuk pasien-pasien yang harus diobservas­i.

Lantai paling tinggi atau lantai 4 khusus untuk kamar operasi bersistem modular operating theatre (MOT). ”Nanti ada videotron yang akan menghadap ke jalan,” katanya.

Kepala Sub-Bagian Hukum dan Humas RSUD Sidoarjo Ahmad Zainuri memastikan bahwa gedung tersebut siap diresmikan. Tinggal beberapa bagian yang perlu disempurna­kan. ”Besok (hari ini) semua siap untuk diresmikan,” ujarnya.

 ?? BOY SLAMET/JAWA POS ?? TINGKAT EMPAT: Gedung IGD RSUD Sidoarjo menjadi fasilitas baru yang menunjang peningkata­n pelayanan kesehatan. Biaya pembanguna­n gedung berasal dari pemerintah pusat.
BOY SLAMET/JAWA POS TINGKAT EMPAT: Gedung IGD RSUD Sidoarjo menjadi fasilitas baru yang menunjang peningkata­n pelayanan kesehatan. Biaya pembanguna­n gedung berasal dari pemerintah pusat.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia