Jawa Pos

Juara Umum Empat Kali Lomba Bahasa Jepang

-

SIDOARJO – Prestasi membanggak­an diraih klub bahasa Jepang MA (Madrasah Aliyah) Darul Ulum, Waru. Pada Sabtu (27/1), sekolah tersebut meraih juara umum Kompetisi Bahasa Jepang tingkat Jatim yang diadakan di Unair Surabaya. Capaian itu mencatatka­n MA Darul Ulum sebagai juara umum empat kali berturut-turut.

Ada delapan piala yang berhasil mereka raih pada kompetisi di Unair. Perinciann­ya, piala juara umum, juara I Kikikakito­ri (mendengar dan menulis bahasa Jepang) yang diraih Khusnul Khotimah, peringkat II Kikikakito­ri yang didapat Sarah Selena, dan peringkat III Kikikakito­ri yang dicapai Devi Dwi.

Selain itu, mereka menduduki peringkat II dan III cerdas cermat bahasa Jepang, peringkat II Shodou (kaligrafi Jepang), dan peringkat III Rodoku (membaca nyaring). Sehari sebelumnya, empat siswa sekolah tersebut juga menjuarai kompetisi bahasa Jepang tingkat nasional yang digelar di Semarang. Jika ditotal, klub bahasa Jepang MA Darul Ulum berhasil mengumpulk­an 246 piala dalam waktu sekitar delapan tahun, mulai 2010–2018.

”Banyak yang tanya resepnya apa,” kata Sugeng Iswahyudi, pembimbing klub bahasa Jepang MA Darul Ulum.

Bahkan, Oshimisens­ei, dosen Udinus Semarang asli Jepang, sangat tertarik dan penasaran dengan cara mengajar di sekolah tersebut. ”Beliau ingin ke Waru untuk melihat langsung,” katanya.

Menurut Sugeng, sebetulnya tidak ada yang istimewa. Yang terpenting, guru harus melatih siswa dengan rutin minimal dua kali seminggu. Siswa juga harus belajar rajin di waktu senggang mereka. Kuncinya, komitmen antara guru dan siswa. ”Terlepas dari itu semua, tentu doa dan ibadah,” tuturnya.

 ?? FIRMA ZUHDI AL FAUZI/JAWA POS ?? LANGGANAN JUARA: Klub bahasa Jepang MA Darul Ulum Waru setelah mendapat penghargaa­n juara umum di Unair.
FIRMA ZUHDI AL FAUZI/JAWA POS LANGGANAN JUARA: Klub bahasa Jepang MA Darul Ulum Waru setelah mendapat penghargaa­n juara umum di Unair.

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia