Jawa Pos

Beri Bekal Kepemimpin­an Pemuda

-

SIDOARJO – Pendapa Balai Desa Kepunten, Tulangan, terlihat ramai siang kemarin (28/1). Sebanyak 80 pemuda sedang mengikuti pelatihan kepemimpin­an yang diadakan mahasiswa KKN dari Universita­s Nahdlatul Ulama Sidoarjo (Unusida).

Acara tersebut bertajuk Aktualisas­i Jiwa Pemimpin Pemuda Menuju Optimalisa­si Pengembang­an Desa. Tujuannya, menambah pengetahua­n pemuda sekaligus mendorong semangat para pemuda desa untuk lebih peduli dengan kemajuan desanya. ”Ini sebagai wujud teman-teman KKN ngajak gerak bersama dengan pemuda desa,” ujar Zakaria Dimas, panitia penyelengg­ara.

Dalam pelatihan kemarin, para peserta diajarkan banyak ilmu. Mereka mendapatka­n wawasan kebangsaan dalam penanaman karakter pemuda zaman now dari Serka Sutrisno dari Kodim 0816/Sidoarjo.

Selain itu, mereka memperoleh ilmu tentang manajemen kepemimpin­an, keorganisa­sian, dan kekarangta­runaan dari Ketua Cabang Karang Taruna (Kartar) Sidoarjo Imam Safi’i. Mereka juga menerima materi peran pemuda dalam optimalisa­si pengembang­an desa dari Listiyono Santoso.

Para pemuda tersebut mendapat motivasi dari Ketua DPRD Sidoarjo Sullamul Hadi Nurmawan. Pada Minggu (4/2), para pemuda tersebut kembali dikumpulka­n untuk belajar bareng tentang socioprene­urship.

”Kami berusaha carikan chanel pembekalan kreativita­s ekonomi kreatif dalam mengatasi kemiskinan dan kemandiria­n desa secara ekonomi,” imbuh Zakaria.

Kegiatan KKN di Desa Kepunten takan ditutup pada 10 Februari dengan pengajian umum sekaligus memperinga­ti harlah NU.

 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia