Jawa Pos

Bawa Cinta, Bukan Permusuhan

Tret-tet-tet Fans pada Babak Delapan Besar Piala Presiden 2018

-

Statusnya memang hanya turnamen pramusim. Tetapi, antusiasme pencinta sepak bola Indonesia akan Piala Presiden 2018 begitu tinggi. Babak delapan besar di Stadion Mahanan, Solo, pada 3-4 Februari diprediksi akan disesaki fans.

DARI delapan kontestan babak delapan besar Piala Presiden 2018, diperkirak­an ada tiga arus besar fans. Yakni, Persebaya Surabaya, Arema FC, dan Persija Jakarta. Selain dari tiga kontestan itu, rata-rata jumlah fans yang hadir masih di bawah angka ribuan.

Dalam setahun terakhir, fans Persebaya yang lebih beken dengan sebutan Bonek terkenal sebagai fans yang rajin ber-trettet-tet. Ketika final Liga 2 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api pada 28 November tahun lalu, diperkirak­an

13 ribu Bonek bertamasya bola ke Bandung.

Selain itu, pada 20 Juli lalu, ketika Persebaya bertamu ke Stadion Wilis, Madiun, melawan tuan rumah Madiun Putra, sekitar 15 ribu Bonek memberikan dukungan langsung. Nah, jarak Madiun dan Solo tidak begitu jauh sehingga kali ini diprediksi bisa melebihi 15 ribu.

”Bonek diperkirak­an akan datang ke Solo sekitar 15 ribu orang. Puncaknya Sabtu dini hari. Sebab, Polresta Surakarta menghimbau agar kami masuk Solo di atas pukul 10 malam. Untuk tiket, panitia bakal mendistrib­usikan pada hari H. Tapi, kami sudah berkoordin­asi. Yang ingin beli tiket berkelompo­k ke saya, tapi ingat kelompok besar saja. Jadi satu. Panitia juga akan ada delapan tiket box nanti di stadion,” kata Tulus Budi, Bonek Jogja.

Tidak mau kalah dengan Bonek, Aremania juga punya tradisi tur luar kota. Mereka bakal berangkat dalam jumlah besar ke Solo. Perkiraann­ya hampir sama banyak dengan Bonek. Itu terdiri atas Aremania yang berasal dari Malang dan juga yang berdomisil­i di dekat Solo.

Meski punya rivalitas yang kental dengan Bonek, Aremania menyatakan berangkat dengan tujuan mendukung tim kesayangan, bukan hal lain. ’’Kami berangkat ke sana (Solo, Red) membawa misi cinta damai,’’ kata Ahmad Ghozali, Aremania Klayatan, kemarin.

Adapun Jakmania alias suporter Persija juga diperkirak­an datang dalam jumlah besar. Lagi pula, Stadion Manahan, Solo, sudah sering menjadi markas sementara mereka. Karena itu, berdasar estimasi, sekitar 10 ribu Jakmania bakal hadir di stadion berkapasit­as 27 ribu tersebut.

’’Ada yang jalan sendiri itu banyak via kereta. Kami di koordinato­r pusat sudah buka pendaftara­n pagi tadi (kemarin, Red),’’ ujar Ferry Insdrasjar­ief, ketua umum Jakmania, saat dimintai konfirmasi Jawa Pos. Mereka sementara menyediaka­n dua bus. Itu berarti sekitar 120 orang kapasitasn­ya.

Namun, Ferry menyatakan bahwa timnya siap menambah alokasi bila memang ada permintaan lanjutan. Rencananya, mereka jalan ke Solo pada Sabtu siang. Sebab, Persija bakal menghadapi Mitra Kukar pada Minggu sore (4/2). Dia menambahka­n, ada 27 koordinato­r wilayah Jakmania yang juga membuka pendaftara­n tur ke Solo.

Nah, dengan estimasi setiap korwil membuka slot dua bus, angka 10 ribu bisa tercapai. ’’Temantema Jakmania dari Jatim dan Jateng akanberkoo­rdinasilan­gsungdenga­n Jakmania Solo,’’ terangnya. Nanti Jakmaniame­nempatitri­buntimur. LANGIT

 ?? GALIH COKRO/JAWAPOS ?? LOYALITAS: Bonek berkumpul di depan Graha Pena Jawa Pos pada 3 Oktober 2017 sebelum berangkat ke Jember melawan Persigo Semeru FC musim lalu. Pada babak delapan besar Piala Presiden 2018, diperkirak­an Bonek juga akan berangkat ke Solo dalam jumlah besar.
GALIH COKRO/JAWAPOS LOYALITAS: Bonek berkumpul di depan Graha Pena Jawa Pos pada 3 Oktober 2017 sebelum berangkat ke Jember melawan Persigo Semeru FC musim lalu. Pada babak delapan besar Piala Presiden 2018, diperkirak­an Bonek juga akan berangkat ke Solo dalam jumlah besar.
 ?? DOLI SIREGAR/JAWA POS ?? SEMANGAT: Aremania akan memberikan dukungan total kepada Arema FC pada babak delapan besar di Solo. DELAPAN besar Piala Presiden 2018 banyak semarak dengan rencana fans dari delapan klub kontestan yang berencana tur ke Solo. Berdasarka­n estimasi, Bonek dan Aremania paling banyak ber-tret-tet-tet ke Solo. (*/ham)
DOLI SIREGAR/JAWA POS SEMANGAT: Aremania akan memberikan dukungan total kepada Arema FC pada babak delapan besar di Solo. DELAPAN besar Piala Presiden 2018 banyak semarak dengan rencana fans dari delapan klub kontestan yang berencana tur ke Solo. Berdasarka­n estimasi, Bonek dan Aremania paling banyak ber-tret-tet-tet ke Solo. (*/ham)
 ?? ANGGER BONDAN/JAWA POS ?? PERCAYA DIRI: Gelandang Bali United Stefano Lilipaly (tengah) bersama rekan-rekaannya saat tiba di Bandar Udara Adi Sumarmo, Solo, kemarin. Mereka akan menghadapi Madura United besok malam.
ANGGER BONDAN/JAWA POS PERCAYA DIRI: Gelandang Bali United Stefano Lilipaly (tengah) bersama rekan-rekaannya saat tiba di Bandar Udara Adi Sumarmo, Solo, kemarin. Mereka akan menghadapi Madura United besok malam.
 ?? JAWA POS PHOTO ?? TIDAK ASING: Persija akan mendapatka­n dukungan besar dari Jakmania dalam babak delapan besar di Solo.
JAWA POS PHOTO TIDAK ASING: Persija akan mendapatka­n dukungan besar dari Jakmania dalam babak delapan besar di Solo.
 ??  ??

Newspapers in Indonesian

Newspapers from Indonesia